Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Hakk�mda

Foto Saya
Nini Chen
hi there ! i'm nini. i very love my mom, and very love my daddy ~ i LOVE my family ^^ i have one bro and one sist , i like sleep and eat something delicious :D find me at : facebook : Nini Chen Twitter : @ninichenn
Lihat profil lengkapku

Sabtu, 04 Mei 2013

Carrefour



B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya.
Nah , jadi disini kita mengambil contoh kasus dari carefour dimana carefour menerapkan jenis e-commerce B2B dengan para supplier nya.
Sebagaimana yang telah kita ketahui, sangat jarang sekali bhakan tidak pernah pada saat kita ingin mencari suatu product,namun product tersebut tidak ada, nah jadi disini Carefour memberi jaminan ketersediaan berbagai produk bagi ribuan pelanggannya setiap hari, serta menciptakan efisiensi bagi dirinya dan para pemasok, dan tentu saja Carrefour membenahi sistem rantai pasokannya. Bagaimana sistem SCM ini bekerja?
Sistem rantai pasokan memang memegang peran penting dalam industri ritel. Terlebih bagi peritel besar sekelas Carrefour, yang memiliki 75 gerai dengan lokasi tersebar di berbagai tempat dan bekerja sama dengan lebih dari 4 ribu pemasok. Jadi carefour mempunyai rantai pasokan yang efisien, maka jaminan pasokan barang selalu ada dan harga untuk konsumen akan selalu terkelola dengan baik.Pada awalnya SCM yang dikembangkan masih sangat sederhana,namun sejak juli 2007 mereka mulai mengembangkan rantai pasokan yang berbeda sehingga memudahkan pemasok dan gerai.
Untuk itu mereka membeli sebuah aplikasi ternama khusus untuk rantai pasokan dan sekaligus mampu menjalankan warehouse management system, yaitu InfoLog.
Dengan InfoLog, semua proses dalam rantai pasokan bisa diintegrasikan. Metoda yang dipakai carefour untuk SCM adalh dengan menerapkan proses JIT dimana terdapat pusat distribusi(Distributin center/DC yang biasa disebut dengan Cross Dock). Tujuannya adalah untuk mengefisiensikan proses shingga tidak diperlukan adanya stok dipusat distribusi. Jadi contohnya apabila pemasok mengirimkan barang hari ini ke DC maka keesokan hari nya barang itu sudah disalurkan ke gerai, jadi metode yang digunakan ini tidka akan ada product yang tertinggal di gudang. Jadi DC disni digunakan untuk mendistribusikan product bukan menyimpan.Jadi barang yang dikirimkan dari para pemasok akan dipilah2 sesuai permintaan dan kemudian dikirimkan kepada mereka.
Proses order disini,carefour mengembangkan Central Order Pool(COP) dimana proses pengorderan dilakukan secara otomatis,dan untuk pemesanan barang ke seluruh pemasok carefour menggunakan sistem Electronic Data Interchange(EDI). Dimana apabila order sudah diterima,pemasok bisa menerimanya melalui web , Ada pula pemasok yang sudah mengintegrasikannya dengan sistem ERP mereka. Selanjutnya, mereka menyampaikan (submit) order itu ke pabriknya, lalu barang pun dikirim ke DC Carrefour.
Keuntungan bagi carefour : perbaikan ketersediaan produk di gerai. hal itu sebenarnya juga merupakan keuntungan bagi pemasok, karena menghilangkan lost of sales yang diakibatkan produk tidak tersedia.
Keuntungan bagi pemasok : proses yang lebih sederhana, karena hanya memproses satu order. Pemasok juga hanya perlu mengirim produk ke satu titik, sehingga lebih menghemat biaya dibanding mengirim produk ke seluruh gerai. Pemasok pun akan merasakan penghematan biaya pengiriman, ketersediaan produk yang lebih terjamin, dan terjaganya kinerja pemasok di Carrefour dalam hal service level.
Berikut beberapa pemasok yang sudah memanfaatkan SCM yang dikembangkan carefour:
1. CV Mulyatama - pemasok private label untuk tempat CD, tempat tisu di mobil, dan sebagainya. Menurut pemiliknya,Rantai pasokan baru yang dijalankan Carrefour sangat bagus. Keunggulannya, sistem ini sangat efisien dari segi waktu dan tenaga kerja,sehingga penggunaan tenaga kerja berkurang karena Mulyatama hanya perlu mengirimkan ke DC carefour dan nantinya DC carefour yang akan melakukan pengiriman ke gerai2.
2.Unilever Indonesia :menurut pemiliknya,dengan sistem pengiriman terpusat ini, Unilever sebagai pemasok tidak perlu lagi mengirim barang langsung ke gerai-gerai Carrefour, tapi cukup ke gudang Carrefour. Carrefour kemudian akan mengirim barang Unilever ke gerai bersama-sama dengan barang dari pemasok lain.merupakan kolaborasi yang baik antara Unilever dengan Carrefour. dan Apabila dilihat dari rantai pasokan secara keseluruhan, kolaborasi ini menghasilkan efisiensi yang bisa dinikmati bersama oleh Unilever dan Carrefour


Type B2B E-commerce yang dipakai carefour adalah
Type B2B yang digunakan carefour adalah Buy side B2B dimana carefour sebagai pembeli(membeli product2 ke supplier) yang sudah menjalin hubungan kerjasama dengan carefour,seperti membeli product dari CV Mulyatama,Unilever Indonesia,PT Indofood,dll.
Type transaksi yang carefour gunakan disini adalah :
Type transaksi yang digunakan carefour adalah strategic (systematic) sourcing karena merupakan pembelian yang melibatkan kontrak jangka panjang yang biasanya didasarkan pada negosiasi pribadi antara penjual (supplier)dan pembeli(carefour) . Seperti,carefour menjalin hubungan kerjasama dalam jangaka panjang dengan Unilever Indonesia sejak 1998 sampai sekarang. Sehingga pada saat product dari Unilever Indonesia yang tersedia di carefour sudah hampir mencapai batas minimum,barang pasti sudah dikirimkan dari DC, sehingga sangat tidak mungkin bahwa barang yang dicari pelanggan tidak tersedia di carefour. Sehingga hasil kolabrasi ini tentunya akan sangat dinikmati oleh carefour dan unilever.
Tipe material yang diperdagangkan carefour adalah:
Carefour menggunakan Inderect materials karena barang2 yang dikirimkan dari para supplier ke carefour merupakan barang jadi yang dapat digunakan untuk mendukung produksi. Barang2 yang dikirimkan dari supplier ke carefour dapat langsung dijual ke customer. Contohnya seperti peralatan kantor,peralatan rumah tangga,bola lampu,dll.
Arah perdagangan yang digunakan carefour adalah:
Disini carefour menggunakan horizontal marketplace karena merupakan pasar yang berhbungan dengan bnyak jenis industri , dan horizontal marketplace ini merupakan pasar yang berkonsentrasi pada layanan, bahan, atau produk yang digunakan di semua jenis industri. Jadi carefour sangat berkonsentrasi pada layanan yang diberikan kepada pelanggan,misalnya dia menerapkan SCM pada sistem nya tujuannya adalah untuk jangan sampai ada product yang tidak tersedia pada saat pelanggan membutuhkannya karena akan menurunkan niat pelanggan untuk berkunjung.Karena itu lah dia menerapkan SCM agar semua pemasok dapat mengirimkan product sesuai pada waktunya. Kemudian juga bahan yang product yang digunakan adalah product2 dari supplier tertentu yang dipilih carefour untuk bekerjasama dengannya.
Procurement method yang digunaka carefour adalah :
Procurement method yang digunaka carefour adalah Web-based ERP karena PT Carrefour Indonesia memiliki sebuah sistem ERP yaitu InfoLog. Dengan InfoLog, semua proses dalam rantai pasokan bisa diintegrasikan. Selain itu, sistem ini memudahkan kolaborasi Carrefour dengan para pemasok,karena rantai pasokan yang dibangun Carrefour ini berdasarkan perhitungan tingkat optimasi dari pabrik atau pemasok sampai ke rak (shelf) gerai. Hal ini membutuhkan analisis dari setiap jenis produk dan supply chain pemasok.

1 komentar :

  1. saya senang bekerja sama dengan mr pedro selama beberapa tahun sebagai mitra bisnis. selama waktu itu pedro dan tim perusahaan pinjamannya menjabat sebagai perwakilan hipotek untuk rumah saya juga untuk pembiayaan bisnis saya dan dia membantu saya menutup pinjaman yang sangat membantu saya dalam bisnis saya hari ini, kami secara konsisten jauh di atas tujuan kami dan ini hanya bisa bisa diatribusikan pada kerja keras mr pedro. saya menghargai kerja keras Anda dan juga terima kasih banyak kepada tim Anda karena telah membantu saya dengan pinjaman untuk mengembangkan bisnis saya. jika Anda mencari pinjaman dalam bentuk apa pun, hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com mr pedro adalah petugas pinjaman jujur ​​yang bekerja dengan sejumlah besar investor yang bersedia membiayai proyek apa pun. untungnya, seiring waktu hubungan kami tumbuh melampaui pekerjaan dan saya masih senang memanggilnya teman tepercaya.

    BalasHapus