Hi !!
sekarang saya mau ngepost tentang tugas yang pernah diberikan dosen saya di forum mata kuliah Konsep E-business.
Sebenarnya sih buat ntar bisa baca2 lagi,dan mana tau ada temen2 yang butuh,jadi saya post disini :D
Sort by tugas terbaru - tugas terlama
Semoga membantu yaa ! inilah jawaban yang saya berikan pada tugas yang di post di forum ! Maap kalo masi banyak jawaban yang aneh dan salah,karena disni saya hanya mengutarakan pendapat saya . Hehehehe
sekarang saya mau ngepost tentang tugas yang pernah diberikan dosen saya di forum mata kuliah Konsep E-business.
Sebenarnya sih buat ntar bisa baca2 lagi,dan mana tau ada temen2 yang butuh,jadi saya post disini :D
Sort by tugas terbaru - tugas terlama
June 14, 2013 - 08:55
1. Limitasi e-payment
- Masih sering terjadi penipuan di dunia online sehingga masih ada sebagian orang yang belum percaya untuk menggunakan e-payment
- Mahalnya infrastuktur teknologi informasi di Indonesia
- Kurangnya pengetahuan dan pengalaman masyarakat bertransaksi secara online dan melakukan pembayaran secara online
Cara mengatasinya bila dilihat dari trend teknologi dan trend masyarakat saat ini adalah e-payment akan dimanfaatkan oleh orang banyak jika mereka dibekali dengan pengetahuan tentang kegunaan e-payment itu sendiri. Jika dilihat dari kemajuan teknologi dari hari ke hari seharusnya mereka bisa menggunakan teknologi yang canggih agar bagaimana caranya dalam e-payment tidak ada kejadian penipuan lagi,sehingga otomatis itu bisa membuat masyarakat mau memanfaatkan pembayaran secara elektronik. Karena masyarakat dari hari ke hari pun akan semakin maju sehingga dapat mempelajari penggunaan pembayaran elektronik yang benar itu seperti apa.
2. Menurut saya masalah utama mobile computing di indonesia yang menjadi penghambat nya adalah masalah jaringan. Memang mobile computing merupakan kemampuan teknologi utk menghadapi perpindahan dalam penggunaan komputer secara praktis,dan tentunya bisa dibawa kemana2. Namun juga ada penghambatnya yang sampai saat ini masih belum bisa di atasi. Yaitu jaringan. Jika seseorang masuk ke pedalaman , maka jaringan hilang(jika menggunakan koneksi internet). Itulah yang menjadi salah satu penghambatnya.
Cara mengatasi nya adalah memungkinkan jangkauan jaringan yang baik bisa sampai ke daerah2 pedalaman sehingga mereka yang disana juga bisa merasakan manfaat nya. Jadi tidak ada keterbatasan lokasi. Sehingga dimana pun orang tersebut berada dia dapat mengakses internet dan memanfaatkan mobile computing dengan baik.
3.Di dunia pendidikan, e-commerce mampu memberikan sisi positif yaitu dengan e-leraning. E-learning merupkan salah satu contoh e-commerce di bidang pendidikan. Dengan adanya e-learning mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai suatu pembelajaran berbasis internet,jadi mereka tidak perlu menghabiskan biaya untuk ke suatu tempat untuk belajar,namun mereka hanya perlu memanfaatkan e-learnig sebagai suatu sarana untuk pembelajaran. Jadi,mahasiswa dapat belajar dimana dan kapan saja dengan memanfaatkan e-learning ini,sehingga pelajaran juga otomatis lebih cepat masuk ke otak karena mahasiswa akan mencari waktu tepat untuk belajar,bukan harus sesuai dengan jam pelajarannya. Kesimpulannya,sisi positif yang diberikan e commerce dalam perspektif dunia pendidikan,dalam hal ini adalah e-learning yaitu e-learning mampu memberikan kebebasan dan tidak adanya keterbatasan untuk mahasiswa mengenai kapan dia mau belajar,dimana dia mau belajar,dll. Sehingga mahasiswa akan lebih tertarik dengan metode ini , yang memberikan kebebasan baginya untuk mencapai kesuksesan belajar.
4. Limitation e commerce adalah:
1.Seringnya terjadi penipuan sehingga masih ada sebagaian orang yang tidak percaya melakukan transaksi secara online
2. Kurangnya pengetahuan masyarkat mengenai e-commerce(masih ada sebagian orang yang belum benar-benar paham)
3.Terjadinya pencurian informasi
4. Orang yang memanfaatkan e comemrce tidak perlu bertatap muka satu sama lain. Ini juga menjadi batasan menimbulkan sikap individualisme sehingga tidak ada transaksi langsung diantara keduanya
5. Kemungkinan terjadi , apa yang diharapkan tdak sesuai dengan apa yang dilihat. Karena bisa saja barang yang datang tidak sama dengan apa yang dilihat di layar PC nya
6.Masih sering terjadinya persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain,misalnya dengan menjiplak ide dari perusahaan lain,ataupun menggunakan dan memanfaatkan kesempatan untuk menjatuhkan perusahaan lain
7.Keamanan sistem masih kurang.Sehingga harus sangat diperhatikan disni,jangan sampai pihak yang tidak berwenang mampu menembus sistem dan menghancurkan bisnis kita
8.Terjadinya kesenjangan sosial
9.Sulitnya membuat peraturan internet dikarenakan jumlah jaringan yang terus menerus meningkat dan jumlah pengguna yang terus meningkat pesat,sehingga pihak yang berwenang akan kesulitan membuat peraturan
10.Masalah kompabilitas teknologi baru dan teknologi lama,sering muncul masalah yaitu sistem bisnis yang lama tidak dapat berkomunikasi dengan infrastruktur berbasis web dan internet. Dan hal ini memaksa perusahaan untuk menjalankan dua sistem independen yang tidak dapat saling berbagi,sehingga menagkibatkan pembengkakan biaya.
5.Menurut saya perkembangan e-commerce dimasa mendatang akan berkembang pesat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa e-comemrce akan terus berkembang berlipat ganda dari tahun ke tahun dikarenakan sumber daya yang semakin meningkat dengan dibekali pengetahuan. Dapat dilihat bahkan dari hari ke hari,teknologi semakin maju,itu otomatis akan membuat perkembangan e-commerce semakin meningkat pesat,dan juga banyaknya inovasi untuk meningkatkan e-commerce itu sendiri agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan saya rasa beberapa tahun ke depan mungkin transaksi yang kita pikir tidak dapat dilakukan secara online,nanti mungkin saja terjadi. Karena orang2 terus berlomba2 untuk membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.
- Masih sering terjadi penipuan di dunia online sehingga masih ada sebagian orang yang belum percaya untuk menggunakan e-payment
- Mahalnya infrastuktur teknologi informasi di Indonesia
- Kurangnya pengetahuan dan pengalaman masyarakat bertransaksi secara online dan melakukan pembayaran secara online
Cara mengatasinya bila dilihat dari trend teknologi dan trend masyarakat saat ini adalah e-payment akan dimanfaatkan oleh orang banyak jika mereka dibekali dengan pengetahuan tentang kegunaan e-payment itu sendiri. Jika dilihat dari kemajuan teknologi dari hari ke hari seharusnya mereka bisa menggunakan teknologi yang canggih agar bagaimana caranya dalam e-payment tidak ada kejadian penipuan lagi,sehingga otomatis itu bisa membuat masyarakat mau memanfaatkan pembayaran secara elektronik. Karena masyarakat dari hari ke hari pun akan semakin maju sehingga dapat mempelajari penggunaan pembayaran elektronik yang benar itu seperti apa.
2. Menurut saya masalah utama mobile computing di indonesia yang menjadi penghambat nya adalah masalah jaringan. Memang mobile computing merupakan kemampuan teknologi utk menghadapi perpindahan dalam penggunaan komputer secara praktis,dan tentunya bisa dibawa kemana2. Namun juga ada penghambatnya yang sampai saat ini masih belum bisa di atasi. Yaitu jaringan. Jika seseorang masuk ke pedalaman , maka jaringan hilang(jika menggunakan koneksi internet). Itulah yang menjadi salah satu penghambatnya.
Cara mengatasi nya adalah memungkinkan jangkauan jaringan yang baik bisa sampai ke daerah2 pedalaman sehingga mereka yang disana juga bisa merasakan manfaat nya. Jadi tidak ada keterbatasan lokasi. Sehingga dimana pun orang tersebut berada dia dapat mengakses internet dan memanfaatkan mobile computing dengan baik.
3.Di dunia pendidikan, e-commerce mampu memberikan sisi positif yaitu dengan e-leraning. E-learning merupkan salah satu contoh e-commerce di bidang pendidikan. Dengan adanya e-learning mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai suatu pembelajaran berbasis internet,jadi mereka tidak perlu menghabiskan biaya untuk ke suatu tempat untuk belajar,namun mereka hanya perlu memanfaatkan e-learnig sebagai suatu sarana untuk pembelajaran. Jadi,mahasiswa dapat belajar dimana dan kapan saja dengan memanfaatkan e-learning ini,sehingga pelajaran juga otomatis lebih cepat masuk ke otak karena mahasiswa akan mencari waktu tepat untuk belajar,bukan harus sesuai dengan jam pelajarannya. Kesimpulannya,sisi positif yang diberikan e commerce dalam perspektif dunia pendidikan,dalam hal ini adalah e-learning yaitu e-learning mampu memberikan kebebasan dan tidak adanya keterbatasan untuk mahasiswa mengenai kapan dia mau belajar,dimana dia mau belajar,dll. Sehingga mahasiswa akan lebih tertarik dengan metode ini , yang memberikan kebebasan baginya untuk mencapai kesuksesan belajar.
4. Limitation e commerce adalah:
1.Seringnya terjadi penipuan sehingga masih ada sebagaian orang yang tidak percaya melakukan transaksi secara online
2. Kurangnya pengetahuan masyarkat mengenai e-commerce(masih ada sebagian orang yang belum benar-benar paham)
3.Terjadinya pencurian informasi
4. Orang yang memanfaatkan e comemrce tidak perlu bertatap muka satu sama lain. Ini juga menjadi batasan menimbulkan sikap individualisme sehingga tidak ada transaksi langsung diantara keduanya
5. Kemungkinan terjadi , apa yang diharapkan tdak sesuai dengan apa yang dilihat. Karena bisa saja barang yang datang tidak sama dengan apa yang dilihat di layar PC nya
6.Masih sering terjadinya persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain,misalnya dengan menjiplak ide dari perusahaan lain,ataupun menggunakan dan memanfaatkan kesempatan untuk menjatuhkan perusahaan lain
7.Keamanan sistem masih kurang.Sehingga harus sangat diperhatikan disni,jangan sampai pihak yang tidak berwenang mampu menembus sistem dan menghancurkan bisnis kita
8.Terjadinya kesenjangan sosial
9.Sulitnya membuat peraturan internet dikarenakan jumlah jaringan yang terus menerus meningkat dan jumlah pengguna yang terus meningkat pesat,sehingga pihak yang berwenang akan kesulitan membuat peraturan
10.Masalah kompabilitas teknologi baru dan teknologi lama,sering muncul masalah yaitu sistem bisnis yang lama tidak dapat berkomunikasi dengan infrastruktur berbasis web dan internet. Dan hal ini memaksa perusahaan untuk menjalankan dua sistem independen yang tidak dapat saling berbagi,sehingga menagkibatkan pembengkakan biaya.
5.Menurut saya perkembangan e-commerce dimasa mendatang akan berkembang pesat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa e-comemrce akan terus berkembang berlipat ganda dari tahun ke tahun dikarenakan sumber daya yang semakin meningkat dengan dibekali pengetahuan. Dapat dilihat bahkan dari hari ke hari,teknologi semakin maju,itu otomatis akan membuat perkembangan e-commerce semakin meningkat pesat,dan juga banyaknya inovasi untuk meningkatkan e-commerce itu sendiri agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan saya rasa beberapa tahun ke depan mungkin transaksi yang kita pikir tidak dapat dilakukan secara online,nanti mungkin saja terjadi. Karena orang2 terus berlomba2 untuk membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.
June 05, 2013 - 17:44
1.Security issue m-commerce
-penanganan informasi pembayaran yang sensitif
-masalah keamanan muncul karena perbedaan teknologi yang digunakan
-masalah aunthentication harus diperhatikan dimana berkaitan dengan
masalah verifikasi identitas dari pihak yang terlibat dalam komunikasi dan
memastikan orang nya benar
-masalah confidentialy harus diperhatikan yaitu maslah bagaimana
menjamin bahwa hanya penerima dan pengirim yang dapat membaca isi pesan
- masalah integrity harus diperhatikan yaitu berkaitan dengan penjaminan
dan isi pesan yang tidak berubah
-masalah non repudiation harus diperhatikan yaitu berkaitan dengan
bagaimana menyediakan mekanisme yang dpt digunakan untuk menjamin salah satu
pihak yang terlibat dalam transaksi tdk bisa menyanggah bahwa mereka tdk
terlibat dalam transaksi.
2.Security issue e-payment
-penipuan dan pemalsuan data elektronik semakin meningkat dari tahun ke
tahun karena bertambahnya penggunaan kartu kredit sbg alat pembayaran secara
luas dimana ini dimanfaatkan oleh mereka pelaku kejahatan semakin meluas dengan
berbagai cara utk melakukan kejahatan,spti enipuan dan pemalsuan kartu kredit
yang terjadi di Inggris
- Kartu kredit menggunakan pita magnetik dengan data yang tdk
terenkripsi dan informasi read only.
- Biaya yang digunakan untuk e-payemnt yang aman sangat tinggi ,akibat
adanya penggunaan tknologi yang ebrbasis kemanan ini,tercermin dari biaya yg
tidak kecil stiap kali kartu redit digunakan utk melakukan transaksi
-Saat melakukan pengisian data akan dijadikan celah utk pelaku kejahatn
untuk memalsukan otorisasi transaksi.
- pembobolan yang sering terjadi
-sebagian
orang tidak mau melakukan transaksi dengan melibatkan e-payment karena masih
banyaknya kasus penipuan sehingga menurunkan niat pengguna
May 30, 2013 - 10:42
1. bagaimana kaitan antara CRM dan ecommerce jika dilihat dari sisi
benefit yang diperoleh. sebutkan dan jabarkan!
CRM/Customer Relationship Management adalah salat satu aplikasi dari Management Information System. Customer adalah mata rantai yang tidak dapat dipisahkan dari struktur industri karena customer adalah sebagai pembeli dari produk/jasa yang dihasilkan dari perusahaan kita,jadi kita harus tahu bagaimana cara memeprtahankan customer kita dan apa yang harus dilakukan agar customer selalu loyal terhadap produk dari perusahaan kita. Dan sebagaimana yang telah diketahui bahwa semakin hari semakin banyak competitor2 yang bermunculan dengan ide-ide yang fresh,baru dan sangat berinovasi.
Secara lebih spesifik,CRM ini adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk memberikan keupasan pada pelanggan,mendapatkan custoemr baru,mempertahankan customer yang ada, dan memaksimalkan keuntungan dan pendapatan.
Sedangkan e-commerce adalah transaksi jual beli produk/jasa yang menggunakan media elektronik dengan tujuan menghasilkan pendapatan.
Jadi kaitan antara CRM dan e-commerce dilihat dari sisi benefit yang diperoleh adalah , tentunya sangat berkaitan erat. Karena sebagaimana yang diketahui bahwa jika suatu perusahaan menerapkan CRM maka dia akan lebih bisa menjaga customer nya dengan menggunakan teknologi pendukung(seperti Customer Database,CustomerIntelligence,Customer Capacity and Competency Development,dll). Nah,jika e-commerce yang dijalankan menerapkan CRM tentu akan dilakukan berbagai cara,misalnya dengan menggunakan teknologi CRM itu sendiri,untuk mempelajari lebih lanjut tentang customernya,sehingga akan mampu meningkatkan jumlah customer,membuat customer lama tetap setia kepada perusahaan kita,loyalitas,dll. Jadi,perusahaan kita tetap bisa berkompetisi di dunia e-commerce dengan menggunakan teknologi2 dan fungsi yang terintegrasi sebagai bagian dari strategi bisnis yang berfokus pada customer.
CRM/Customer Relationship Management adalah salat satu aplikasi dari Management Information System. Customer adalah mata rantai yang tidak dapat dipisahkan dari struktur industri karena customer adalah sebagai pembeli dari produk/jasa yang dihasilkan dari perusahaan kita,jadi kita harus tahu bagaimana cara memeprtahankan customer kita dan apa yang harus dilakukan agar customer selalu loyal terhadap produk dari perusahaan kita. Dan sebagaimana yang telah diketahui bahwa semakin hari semakin banyak competitor2 yang bermunculan dengan ide-ide yang fresh,baru dan sangat berinovasi.
Secara lebih spesifik,CRM ini adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk memberikan keupasan pada pelanggan,mendapatkan custoemr baru,mempertahankan customer yang ada, dan memaksimalkan keuntungan dan pendapatan.
Sedangkan e-commerce adalah transaksi jual beli produk/jasa yang menggunakan media elektronik dengan tujuan menghasilkan pendapatan.
Jadi kaitan antara CRM dan e-commerce dilihat dari sisi benefit yang diperoleh adalah , tentunya sangat berkaitan erat. Karena sebagaimana yang diketahui bahwa jika suatu perusahaan menerapkan CRM maka dia akan lebih bisa menjaga customer nya dengan menggunakan teknologi pendukung(seperti Customer Database,CustomerIntelligence,Customer Capacity and Competency Development,dll). Nah,jika e-commerce yang dijalankan menerapkan CRM tentu akan dilakukan berbagai cara,misalnya dengan menggunakan teknologi CRM itu sendiri,untuk mempelajari lebih lanjut tentang customernya,sehingga akan mampu meningkatkan jumlah customer,membuat customer lama tetap setia kepada perusahaan kita,loyalitas,dll. Jadi,perusahaan kita tetap bisa berkompetisi di dunia e-commerce dengan menggunakan teknologi2 dan fungsi yang terintegrasi sebagai bagian dari strategi bisnis yang berfokus pada customer.
2. terkadang, CRM dikatakan sebagai tools marketing, jelaskan pengertian dari
penyataan tersebut.
CRM dikatakan sebagai tool marketing karena di dunia bisnis yang dihadapi
sekarang pemasaran bukanlah berfokus kepada produk lagi,tetapi lebih ke arah
customer. Dengan menerapkan pendekatan CRM ,produsen akan mampu untuk melakukan
pengenalan terhadap customer2 nya,dimana CRM ini berpusat pada sistem database
untuk mengetahui data2 dari customer kita,melihat berapa peluang customer
berminat pada produk kita,seberapa sering customer melakukan pembelian terhadap
produk yang ditawarkan,dan seberapa besar uang yang dikeluarkan untuk melakukan
pembelian di perusahaan kita. Dengan menegrti hal tersebut dan memeproleh data
nya maka kita dapat melakukan pengelompokkan customer dan berfokus pada berapa
persen customer utama kita,karena customer utama lebih berpeluang untuk
melakukan pembelian lagi dilain waktu,merekomendasikan produk kita ke yang
lain,dan loyal,dan tentu saja itu akan sangat bermanfaat bagi perusahaan kita
untuk memperoleh pendapatan. Inilah mengapa CRM dikatakan sebagai tool
amrketing,karena dengan menerapkan CRM,maka akan membantu perusahaan kita untuk
dipromosikan dan customer melakukan repeat buying.
May 08, 2013 -
16:09
Menurut anda, hal apa yang menjadi limitasi/batasan
dari mobile computing yang mempengaruhi proses e-learning ?
Walaupun mobile computing ini dapat
memberikan banyak keuntungan dan kepraktisan yang tidak terbatas namun
disamping itu tentu masi ada limitasi-limitasi yang belum terselesaikan. Adapun
limitasi dari mobile computing yang mempengaruhi e-learning adalah :
1.Tampilan : tampilan yang dihasilkan tentunya akan berbeda dengan yang berada pada layar komputer kita.
2. Spot koneksi nirkabel yang lemah karena mobile computing yang terus menerima pengguna dari waktu ke waktu,sehingga menjadi lebih sulit bagi jaringan untuk menyediakan bandwidth yang cukup.
3. Koneksi internet pada mobile terkadang juga bisa menjadi hambatan pengguna dalam mendapatkan informasi pembelajran.
4. Adanya keterbatasan dalam media input output
5. Masalah kemampuan processor
1.Tampilan : tampilan yang dihasilkan tentunya akan berbeda dengan yang berada pada layar komputer kita.
2. Spot koneksi nirkabel yang lemah karena mobile computing yang terus menerima pengguna dari waktu ke waktu,sehingga menjadi lebih sulit bagi jaringan untuk menyediakan bandwidth yang cukup.
3. Koneksi internet pada mobile terkadang juga bisa menjadi hambatan pengguna dalam mendapatkan informasi pembelajran.
4. Adanya keterbatasan dalam media input output
5. Masalah kemampuan processor
May 08, 2013 - 16:01
Bagaimana
hubungan antara e-commerce dengan mobile devices ?
Hubungan antara e-commerce dan mobile
devices adalah sangat erat karena sebagaimana yang telah diketahui bahwa pengguna
ponsel dari hari ke hari terus menerus meningkat,misalnyakarena fasilitas yang
diberikan sangat menyenangkan pengguna dan mempermudah pengguna dalam melakukan
sesuatu hal. Dan dapat dipastikan bahwa traffic e-commerce website denga
menggunakan mobile devices meningkat 300% dari tahun ke tahun,dan memurut
analisis SEO technology company Conductor bahwa ada lebih dari 18 million yang
mengunjungi ke beberapa website e-commerce yang mempunyai high traffic.
Jadi,sudah sangat jelaslah bahwa mobile devices itu sangat memberi pengaruh dan
berkaitan erat dengan e-commerce,karena pada umumnya orang akan cenderung lebih
menyukai segala sesuatu yang simple dan gampang dalam melakukan
transaksi,walaupun terkadang kemanan masih perlu ditingkatkan lagi dalam
e-commerce menggunakan mobile.
May 08, 2013 - 15:59
Faktor apa yang mempengaruhi mobile
e-commerce ?
Faktor yang mempengaruhi mobile e-commerce
adalah:
Melihat teknologi yang semakin maju dan pengguna cenderung ingin sesuatu yang lebih gampang,dan mengingat bahwa pengguna ponsel dari hari ke hari semakin meningkat,maka muncullah mobile commerce dengan tujuan mempermudah pengguna dalam melakukan segala jenis transaksi. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah:
1.Transkasi dapat diilakukan dimana saja,kapan saja
2.Penghematan biaya
3.Membuka peluang bisnis baru
4. Inovasi baru
5.Kepuasan pelanggan
6.Dapat membawa penjual dan pembeli untuk bersama mendapatkan keuntungan
7. Memberikan peningkatan akses e-commerce melalui mobile phone,karena tentunya jumlah pengguna ponsel akan terus meningkat sehingga akan lebih besar harapan memperoleh pelanggan/mendapat keuntungan
8. Membuka peluang bisnis baru untuk menghasilkan sumber pendapatan
Melihat teknologi yang semakin maju dan pengguna cenderung ingin sesuatu yang lebih gampang,dan mengingat bahwa pengguna ponsel dari hari ke hari semakin meningkat,maka muncullah mobile commerce dengan tujuan mempermudah pengguna dalam melakukan segala jenis transaksi. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah:
1.Transkasi dapat diilakukan dimana saja,kapan saja
2.Penghematan biaya
3.Membuka peluang bisnis baru
4. Inovasi baru
5.Kepuasan pelanggan
6.Dapat membawa penjual dan pembeli untuk bersama mendapatkan keuntungan
7. Memberikan peningkatan akses e-commerce melalui mobile phone,karena tentunya jumlah pengguna ponsel akan terus meningkat sehingga akan lebih besar harapan memperoleh pelanggan/mendapat keuntungan
8. Membuka peluang bisnis baru untuk menghasilkan sumber pendapatan
May 08, 2013 - 16:04
Bagaimana peranan mobile computing terhadap
kelangsungan e-learning ?
Peranan mobile computing terhadapt
keberlangsunga e-learning. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa mobile
computing merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan komunikasi
walaupun berada dalam keadaan pergerakan/perpindahan dari satu tempat ke tempat
lain,dengan cara yang praktis,dan dapat diketahui bahwa ini akan sangat
bermanfaat bagi kita,salah satu nya dalam hal e-learnign,oleh karena itulah
muncul m-learning. Dengan adanya m-learning tentunya sangat memberikan manfaat
yang besar bagi kita sebagai pelajar,mahasiswa ataupun orang yang ingin
menambah pengetahuan dan ilmu yang lebih karena kita dapat melakukan
pembelajaran dimana saja dan kapan saja secara fleksibel.Dengan m-learning maka
akan memungkinkan kita dapat dengan mudah mengakses materi pembelajran,menggali
informasi penting,dan mendorong motivasi belajar kita,dan juga dapat memberikan
kita kesempatan untuk saling berkolaborasi dengan oranglain dalam mendapatkan
ilmu yg lebih banyak. Jadi mobile computing mempunyai peran sebagai unsur
utama dalam mendukung/mempengaruhi keberlangsungan e-learning,dengan adanya
mobile computing lah e-learning dapat berjalan dengan menggunakan mobile,yang
disebut m-learning.Jadi perkembangan teknologi telah mengubah cara manusia
dalam pembelajaran.
May 08, 2013 - 16:06
Bagaimana pengaruh mobile computing terhadap
perkembangan sosial media ?
Pengaruh mobile computing terhadap sosial
media adalah seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa mobile computing itu
merupakan sebuah teknologi yang mampu menghadapi pergerakan ataupun perpindahan
pada saat kita melakukan komunikasi secara praktis,maka tentu berpengaruh
terhadap sosial media. Dengan menggunakan sosial media maka akan memungkinkan
kita untuk dapat dengan mudah bertukar informasi,dll. Dan untuk mempermudah
kita dalam menggunakan sosial media maka muncullah sosial media yang
memungkinkan si pengguna untuk dapat mengakses dimana saja dan kapan saja
sesuai keinginan. Tujuannya lebih ke arah 'praktis' , jadi sebenarnya semua
tergantung si pengguna , jika pengguna lebih prefer ke tampilan maka tentunya
tampilan yang ditampilin di mobile tidak sebagus di layar komputer,tetapi
informasi yang disajikan tetap sama. Jadi pengaruh nya adalah,penggunaan sosial
media akan semakin
meningkat karena tidak hanya dapat memberikan kita sumber informasi namun juga memungkinkan kita lebih gampang untuk mengaksesnya stiap saat melalui mobile.
meningkat karena tidak hanya dapat memberikan kita sumber informasi namun juga memungkinkan kita lebih gampang untuk mengaksesnya stiap saat melalui mobile.
April 17, 2013 - 13:04
1. Jelaskan pengertian Web 2.0 beserta contohnya !
web 2.0 merupakan web yang menjadi platform,dimana data yang disajikan kuat dan unik. Kemudian Web 2.0 juga memungkinkan kita untuk melakukan kolaborasi pengetahuan,contoh seperti menggunakan wikipedia. Selain itu dengan menggunakan Web 2.0 memungkinkan kita untuk berinteraksi langsung.Seperti pada saat membuka mozzila kita dapat melakukan transaksi,seperti penjualan,dll.
2.Apa kelemahan dan kelebihan di Web 2.0 bila dilihat dari perspektif user !
Kelemahan :
1. Keterbatasan user dalam penggunaan internet
2. Menjadikan user sangat tergantung pada internet,sehingga apabila terjadi masalah pada internet user tidak mempunyai alternatif lain
3. Tidak semua informasi yang diberikan dapat dipercaya dengan mudah
4. Masalah keamanan
Kelebihan:
1. Memungkinkan user untuk menemukan banyak informasi dengan mudah dan cepat dari berbagai arah,contoh wikipedia
2. Dengan menggunakan Web 2.0 memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan menggunakan media sosial,seperti melalui facebook atau twitter
web 2.0 merupakan web yang menjadi platform,dimana data yang disajikan kuat dan unik. Kemudian Web 2.0 juga memungkinkan kita untuk melakukan kolaborasi pengetahuan,contoh seperti menggunakan wikipedia. Selain itu dengan menggunakan Web 2.0 memungkinkan kita untuk berinteraksi langsung.Seperti pada saat membuka mozzila kita dapat melakukan transaksi,seperti penjualan,dll.
2.Apa kelemahan dan kelebihan di Web 2.0 bila dilihat dari perspektif user !
Kelemahan :
1. Keterbatasan user dalam penggunaan internet
2. Menjadikan user sangat tergantung pada internet,sehingga apabila terjadi masalah pada internet user tidak mempunyai alternatif lain
3. Tidak semua informasi yang diberikan dapat dipercaya dengan mudah
4. Masalah keamanan
Kelebihan:
1. Memungkinkan user untuk menemukan banyak informasi dengan mudah dan cepat dari berbagai arah,contoh wikipedia
2. Dengan menggunakan Web 2.0 memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan menggunakan media sosial,seperti melalui facebook atau twitter
April 09, 2013 - 18:06
apakah ada hubungan antara :
tingkat pendidikan, pekerjaan, status (single/relationship) dan lokasi outlet
(misalnya TA, CP) terhadap pembelian suatu produk di J.CO yang pada akhirnya
mempengaruhi tingkat loyalitas customer. Jelaskan!!
Aturan main : ilustrasikan bahwa kalian adalah pelanggan J.co, jadi bertanyalah pada diri sendiri.
Aturan main : ilustrasikan bahwa kalian adalah pelanggan J.co, jadi bertanyalah pada diri sendiri.
Menurut saya ada
hubungan antara tingkat pendidikan,pekerjaan,status dan lokasi terhadap
pembelian suatu produk di J.Co. karena pada dasarnya tentu ada sesuatu yang
menpengaruhi pembelian suatu produk di suatu tempat. dalam kasus ini adalah
J.Co dimana :
1. Tingkat
pendidikan : Memberikan pengaruh yang dapat meningkatkan loyalitas customer
karena orang yang berpendidikan sekitar SMP,SMA,ataupun anak perkuliahan
cenderung lebih menyukai tempat-tempat seperti J.Co yang sesuai digunakan
sebagai tempat untuk bermain,hangout,diskusi,main,dll
2.Pekerjaan :
Pekerjaaan juga memberikan pengaruh karena orang yang mempunyai pekerjaan bagus
cenderung lebih menyukai berdiskusi pekerjaan / bisnis mereka ditempat seperti
J.Co,dll. Sedangkan orang yang mempunyai pekerjaan biasa/ gaji yang diperoleh
tidak terlalu tinggi mereka cenderung tidak memilih tempat seperti J.Co untuk
melakukan bisnis,dll.
3. Status :
Status tidak berpengaruh dalam hal ini menurut saya karena walaupun status si
pembeli single ataupun relationship mereka tetap akan melakukan pembelian
produk asalkan produk itu diminati oleh si pembeli
4. Lokasi :
Lokasi lah yang paling berpengaruh dalam hal ini karena pembeli cenderung akan
memperhatikan lokasi sebelum berkunjung,
Namun semua balik
ke pribadi masing-masing individu,apabila si pembeli benar2 menyukai produk
tersebut bagaimana pun juga mereka cenderung akan melakukan pembelian.
April 04, 2013 - 09:56
Ilustrasinya : kalian adalah
startup dibidang e-commerce, sebagai pemula, tentunya membangun image dan
branding untuk nama startup kalian menjadi suatu keharusan.
Pertanyaan : bagaimana upaya yang akan kalian lakukan untuk membangun trust dari calon customer agar mau melakukan transaksi ditempat kalian? jelaskan argument kalian.
Pertanyaan : bagaimana upaya yang akan kalian lakukan untuk membangun trust dari calon customer agar mau melakukan transaksi ditempat kalian? jelaskan argument kalian.
Apabila saya adalah startup dibidang
e-commerce sebagai pemula tentunya sangat banyak hal yang harus
dieprtimbangkan,diantaranya:
1. Tentunya untuk memulai sebuah usaha harus adanya ide dan inovasi yang berbeda dengan usaha e-commerce lainnya. saya juga akan menentukan visi dan misi company dengan tujuan menambah semangat dalam merintis usaha yang ingin dijalani.
2. Kemudian saya akan menganalisa pasar yang akan saya masuki dengan mempelajari sebanyak mungkin hal yang mungkin saya dapatkan
3. Melakukan rencana pemasaran dan rencana operasional,misalnya menentukan siapa target pasar,strategi yang harus dilakukan dalam menarik niat pelanggan,biaya yang akan dikeluarkan sebagai modal,dll
4. Menetapkan struktur organisasi agar company dapat dikelola dengan baik
Setelah menentukan hal-hal umum seperti diatas,yang akan saya lakukan adalah:
Dengan sudah dianalisanya pasar yang saya masuki,tentunya saya akan tau siapa target pembeli saya nanti,dengan begitu web yng dibuat sebagai media untuk transaksi baru bisa dibuat sesuai dengan siapa yang akan mengunjungi web kita nantinya. Tentunya web harus menarik dulu,sajikan informasi yang penting(harga,ukuram,warna,dll),berikan navigasi-navigasi yang memudahkan pelanggan untuk mencari informasi,dll . Karena,apabila web kita menarik dan berguna barulah pelanggan mau terus berkunjung ke web kita dan melakukan transaksi. Kemudian saya juga akan menganalisa apa kekurangan web-web lain dan apa yang tidak ada pada web tersebut,itu akan saya jadikan sebagai salah satu penambahan pada web saya.
Jadi,untuk membangun trust dari calon customer agar terus mau melakuakn transaksi adalah :
1. Awalnya pastinya harus memberikan look yang baik kepada pelanggan,misalnya dengan memberikan web yang menarik dan user friendly, nah itu tentu saja menjadi awal yang baik untuk membuat pelanggan berkunjung ke web kita
2. Dengan sering nya pelanggan berkunjung ke web kita,tentunya dia akan melihat-lihat produk yang kita tawarkan dan akan melakukan transaksi
3. Berikan promo , namun disamping itu juga memberikan keuntungan yang besar bagi company kita
4. Berikan pelayanan terbaik dan tercepat
5. Produk yang disediakan juga harus lengkap,agar pelanggan terus mau berbelanja di web kita.
6. Melakukan kontrol kualitas produk agar produk yang sampai ke tangan pelanggan benar-benar sesuai keinginan dan melakukan kontrol persediaan,jangan sampai product yang sudah dipesan tiba-tiba sudah kehabisan stock
7.Melakuakn peningkatan produk
8. Testimonial dari pelanggan juga sangat penting
Jadi sangat banyak hal yang harus diperhatikan untuk membangun trust dari calon pelanggan,berikan semua yang terbaik kepada calon pelanggan kita
1. Tentunya untuk memulai sebuah usaha harus adanya ide dan inovasi yang berbeda dengan usaha e-commerce lainnya. saya juga akan menentukan visi dan misi company dengan tujuan menambah semangat dalam merintis usaha yang ingin dijalani.
2. Kemudian saya akan menganalisa pasar yang akan saya masuki dengan mempelajari sebanyak mungkin hal yang mungkin saya dapatkan
3. Melakukan rencana pemasaran dan rencana operasional,misalnya menentukan siapa target pasar,strategi yang harus dilakukan dalam menarik niat pelanggan,biaya yang akan dikeluarkan sebagai modal,dll
4. Menetapkan struktur organisasi agar company dapat dikelola dengan baik
Setelah menentukan hal-hal umum seperti diatas,yang akan saya lakukan adalah:
Dengan sudah dianalisanya pasar yang saya masuki,tentunya saya akan tau siapa target pembeli saya nanti,dengan begitu web yng dibuat sebagai media untuk transaksi baru bisa dibuat sesuai dengan siapa yang akan mengunjungi web kita nantinya. Tentunya web harus menarik dulu,sajikan informasi yang penting(harga,ukuram,warna,dll),berikan navigasi-navigasi yang memudahkan pelanggan untuk mencari informasi,dll . Karena,apabila web kita menarik dan berguna barulah pelanggan mau terus berkunjung ke web kita dan melakukan transaksi. Kemudian saya juga akan menganalisa apa kekurangan web-web lain dan apa yang tidak ada pada web tersebut,itu akan saya jadikan sebagai salah satu penambahan pada web saya.
Jadi,untuk membangun trust dari calon customer agar terus mau melakuakn transaksi adalah :
1. Awalnya pastinya harus memberikan look yang baik kepada pelanggan,misalnya dengan memberikan web yang menarik dan user friendly, nah itu tentu saja menjadi awal yang baik untuk membuat pelanggan berkunjung ke web kita
2. Dengan sering nya pelanggan berkunjung ke web kita,tentunya dia akan melihat-lihat produk yang kita tawarkan dan akan melakukan transaksi
3. Berikan promo , namun disamping itu juga memberikan keuntungan yang besar bagi company kita
4. Berikan pelayanan terbaik dan tercepat
5. Produk yang disediakan juga harus lengkap,agar pelanggan terus mau berbelanja di web kita.
6. Melakukan kontrol kualitas produk agar produk yang sampai ke tangan pelanggan benar-benar sesuai keinginan dan melakukan kontrol persediaan,jangan sampai product yang sudah dipesan tiba-tiba sudah kehabisan stock
7.Melakuakn peningkatan produk
8. Testimonial dari pelanggan juga sangat penting
Jadi sangat banyak hal yang harus diperhatikan untuk membangun trust dari calon pelanggan,berikan semua yang terbaik kepada calon pelanggan kita
March 13, 2013 - 16:34
1. Berikan masing2 satu contoh untuk type B2B E-commerce
sell side : merupakan type B2B E-commerce yang
menjual product atau jasanya ke perusahaan lain secara elektronik. Contohnya :
Perusahaan Freemarket.com , dimana dia membantu perusahaan untuk melelang aset
serta persediaan yang sudah lama, contoh lain yaitu seperti
dellauction.com,dimana mereka menggunakan lelang secara luas.
- buy side : merupakan type B2B E-Commerce dimana perusahaan membeli product atau jasa dari perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhannya.Contohnya:E-Procurement PT Garuda Indonesia
-Electronic exchanges : tempat bertemunya para pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara elektronik. Contohnya Ipowerb2b.com , dimana disana terdapat banyak penjual yang menawarkan productnya dan banyak pembeli yang melakukan permintaan.
- Supply Chain Improvement and Collaborative Commerce: Peningkatan rantai pasokan dan collaborative commerce. Contohnya PT Toyota Astra, dimana mereka berkolaborasi untuk mengintegrasikan proses bisnis perusahaan,hubungan dengan buyers,seller,kemudian bekerja sama dengan berbagai universitas,dll.
2. Berikan contoh Group Purchasing Internal dan External
internal : pembelian kertas sebagai bahan untuk membuat buku
eksternal : perusahaan kertas menawarkan productnya dalam skala yang besar kepada pembeli
3.Apa pengaruh harga terendah dan tertinggi pada lelang?
Pengaruhnya sangat tinggi karena akan menenentukan harga dipasaran.
harga tertinggi : Mendapatkan keuntungan yang tinggi oleh penjual
harga terendah: Product akan diminati dan dicari pelanggan
4. Bagaimana mengubah konsep B2C ke B2B ?
Cara nya adalah:
- Mengubah cara pandang
- Menjalin hubungan kerjasama dengan banyak perusahaan
- Memungkinkan untuk memproduksi dalam skala besar
5. Apakah ciri dari B2B generasi ke 5 ?
- Dapat bekerja sama dengan supplier dan buyer melalui media teknologi secara baik,misalnya Carefour mengembangkan Central Order Pool(COP) agar proses pengorderan dapat dilakukan secara otomatis, dan untuk pemesanan menggunaan EDI,dimana apabila order sduah diterima , pemasok bisa menerimanya melalui web,adapu;a pemasok yang sudah mengintegrasikannya dengan sistem ERP mereka.Jadi dengan kerjasama yang memudahkan segala proses tentunya akan didapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak
- Sistem yang sudah terintegrasi dengan baik
- Terkelola nya management proses bisnis baik internal maupun eksternal
- Adanya RFID yang dapat memberikan support untuk B2B e-commerce
- Pengembangan web service yang diberikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,misalnya menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan
- Adanya sistem yang dapat membantu proses penjualan pada B2B E-commerce
- buy side : merupakan type B2B E-Commerce dimana perusahaan membeli product atau jasa dari perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhannya.Contohnya:E-Procurement PT Garuda Indonesia
-Electronic exchanges : tempat bertemunya para pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara elektronik. Contohnya Ipowerb2b.com , dimana disana terdapat banyak penjual yang menawarkan productnya dan banyak pembeli yang melakukan permintaan.
- Supply Chain Improvement and Collaborative Commerce: Peningkatan rantai pasokan dan collaborative commerce. Contohnya PT Toyota Astra, dimana mereka berkolaborasi untuk mengintegrasikan proses bisnis perusahaan,hubungan dengan buyers,seller,kemudian bekerja sama dengan berbagai universitas,dll.
2. Berikan contoh Group Purchasing Internal dan External
internal : pembelian kertas sebagai bahan untuk membuat buku
eksternal : perusahaan kertas menawarkan productnya dalam skala yang besar kepada pembeli
3.Apa pengaruh harga terendah dan tertinggi pada lelang?
Pengaruhnya sangat tinggi karena akan menenentukan harga dipasaran.
harga tertinggi : Mendapatkan keuntungan yang tinggi oleh penjual
harga terendah: Product akan diminati dan dicari pelanggan
4. Bagaimana mengubah konsep B2C ke B2B ?
Cara nya adalah:
- Mengubah cara pandang
- Menjalin hubungan kerjasama dengan banyak perusahaan
- Memungkinkan untuk memproduksi dalam skala besar
5. Apakah ciri dari B2B generasi ke 5 ?
- Dapat bekerja sama dengan supplier dan buyer melalui media teknologi secara baik,misalnya Carefour mengembangkan Central Order Pool(COP) agar proses pengorderan dapat dilakukan secara otomatis, dan untuk pemesanan menggunaan EDI,dimana apabila order sduah diterima , pemasok bisa menerimanya melalui web,adapu;a pemasok yang sudah mengintegrasikannya dengan sistem ERP mereka.Jadi dengan kerjasama yang memudahkan segala proses tentunya akan didapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak
- Sistem yang sudah terintegrasi dengan baik
- Terkelola nya management proses bisnis baik internal maupun eksternal
- Adanya RFID yang dapat memberikan support untuk B2B e-commerce
- Pengembangan web service yang diberikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,misalnya menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan
- Adanya sistem yang dapat membantu proses penjualan pada B2B E-commerce
March 06, 2013 - 14:23
1.Apa jenis
product yang sering dijual online namun jarang yang membeli nya ?
Menurut saya
product yang banyak dijual online namun jarang dibeli adalah product yang masuk
ke kategory 'film,music.game' karena sekarang kita sudah bisa mendapatkan
product tersebut dengan mendownloadnya,walaupun masih ada beberapa website yang
menjual product tersebut seperti tokopedia.com.blibli.com,multiply.com,dll
namun jarang sekali ada yang tertarik untuk membelinya,karena harus
mengeluarkan biaya,sedangkan jika download hanya perlu mengeluarkan biaya
internet saja.
2.Apa contoh
Multichannel business online ?
Sebagaimana
yang telah diketahui multichannel business online adalah perusahaan yang
melaksanakan penjualan melalui berbagai macam saluran pemasaran secara
bersamaan,jadi dilihat dari definisinya maka dapat disimpulkan salah satu
contoh perusahaan yang termasuk multichannel business online adalah
gramedia.com dimana gramedia.com melayani pembelian yang dapat dilakukan secara
langsung/fisik(pembeli langsung datang ke gramedia untuk melakukan transaksi
pembelian) dan juga menyediakan pembelian melalui web gramedia.com(pembeli
melakukan transaksi melalui online dengan mengakses web gramedia.com)
3. Bagaimana
E-commerce bisa memberikan image terhadap dunia pariwisata ?
- Penjualan
e-tiket karena dapat memudahkan transaksi
- Promosi
dengan menggunakan brosur online yang menjelaskan tentang tempat2 wisata
recomended
- Dapat merubah
pola pikir kita
4.Bagaimana
limitation online service untuk online travel ?
- Keterbatasan
mengakses internet
- Kurang
jelasnya informasi yang disajikan
- Masalah
keamanan
- Masalah
kepercayaan
- Takut terjadi
kesalahpahaman
5.Sebutkan
minimal 3 dampak negatif dari perekrutan karyawan secara online
- Informasi
yang diberikan belum tentu benar 100% dan tidak dapat dipercaya begitu saja
- Komunikasi
antar job seekers dan employees agak sulit karena tidak bertatap muka secara
langsung
- Adanya keterbatasan dalam merekrut
karyawan karena bisa saja karyawan yang mempunyai skill tinggi dalam bidang
yang dicari namun dia tidak mengakses internet,maka perusahaan akan kehilangan
karyawan tersebut.
February 27,
2013 - 16:00
1. Dimanakah google mengiklankan dirinya ?
Google mengiklankan dirinya di Microsoft karena google dan Microsoft mempunyai tujuan yang sama yaitu mengutamakan kepuasan pelanggan,user friendly dan menigkatkan kualitas sehingga dapat lebih kenal di dunia.
2. Bagaimana mengubah support(teknologi) menjadi strategi?
Cara mengubah support menjadi strategi adalah,dengan adanya support dan pelayanan yang baik maka akan dapat meningkatkan kepuasan bagi pelanggan,disanalah support dapat diubah menjadi strategi untuk membina hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dapat dengan menggunakan teknologi yang sangat user friendly dan dapat mudah dipahami.
3. Mengapa partner bisnis dibutuhkan dalam E-Commerce?
Karena partner bisnis merupakan salah satu dari kerangka kerja E-Commerce. Adanya partner bisnis adalah sebagai tempat pemasaran,dimana disana dapat dilakukan kerjasama antara perusahaan dengan supplier,supplier dengan partner bisnis,dll yang dapat menudukung kegiatan E-Commerce tersebut.
4. Apa hubungan situs jejaring social dengan E-Commerce?
Hubungannya sangat erat karena dengan adanya situs jejaring social lah maka kegiatan E-Commerce dapat dilakukan. Selain itu situs jejaring social juga memungkinkan para pelanggan dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi/melakukan transaksi jual beli yang dapat menghasilkan keuntungan(uang) melalui media teknologi(internet).
5. Faktor apa yang memberikan kontribusi paling besar dalam pertumbuhan E-Commerce dan mengapa?
Personalisasi,karena dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan,dengan adanya pelayanan yang dapat kita berikan kepada pelanggan sehingga dapat membuat pelanggan puas terhadap apa yang kita berikan ,tentunya dia akan mempercayai bisnis kita dan secara otomatis akan meningkatkan daya saing kita di dunia dan membuat E-commerce yang kita jalankan berkembang pesat.
Google mengiklankan dirinya di Microsoft karena google dan Microsoft mempunyai tujuan yang sama yaitu mengutamakan kepuasan pelanggan,user friendly dan menigkatkan kualitas sehingga dapat lebih kenal di dunia.
2. Bagaimana mengubah support(teknologi) menjadi strategi?
Cara mengubah support menjadi strategi adalah,dengan adanya support dan pelayanan yang baik maka akan dapat meningkatkan kepuasan bagi pelanggan,disanalah support dapat diubah menjadi strategi untuk membina hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dapat dengan menggunakan teknologi yang sangat user friendly dan dapat mudah dipahami.
3. Mengapa partner bisnis dibutuhkan dalam E-Commerce?
Karena partner bisnis merupakan salah satu dari kerangka kerja E-Commerce. Adanya partner bisnis adalah sebagai tempat pemasaran,dimana disana dapat dilakukan kerjasama antara perusahaan dengan supplier,supplier dengan partner bisnis,dll yang dapat menudukung kegiatan E-Commerce tersebut.
4. Apa hubungan situs jejaring social dengan E-Commerce?
Hubungannya sangat erat karena dengan adanya situs jejaring social lah maka kegiatan E-Commerce dapat dilakukan. Selain itu situs jejaring social juga memungkinkan para pelanggan dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi/melakukan transaksi jual beli yang dapat menghasilkan keuntungan(uang) melalui media teknologi(internet).
5. Faktor apa yang memberikan kontribusi paling besar dalam pertumbuhan E-Commerce dan mengapa?
Personalisasi,karena dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan,dengan adanya pelayanan yang dapat kita berikan kepada pelanggan sehingga dapat membuat pelanggan puas terhadap apa yang kita berikan ,tentunya dia akan mempercayai bisnis kita dan secara otomatis akan meningkatkan daya saing kita di dunia dan membuat E-commerce yang kita jalankan berkembang pesat.
Semoga membantu yaa ! inilah jawaban yang saya berikan pada tugas yang di post di forum ! Maap kalo masi banyak jawaban yang aneh dan salah,karena disni saya hanya mengutarakan pendapat saya . Hehehehe
0 komentar :
Posting Komentar