Sekarang saya mau share sediki tugas programming 2 yang diberikan dosen saya,aplikasi ini bener2 sangat simple,tapi mana tau ada yang membutuhkan ^^
Teori dasar yang terkait
Sebelum membuat aplikasi,terlebih dahulu ada baiknya mengerti apa yang
dimaksud dengan windows form. Windows form adalah platform baru untuk pembuatan
aplikasi Microsoft Windows berbasis .NET Framework. Framework ini menyediakan
sekelompok class berorientasi object,dan dapat digunakan untuk membangun
aplikasi Windows yang lengkap.
Windows terkait pada user interface yang user lihat dan gunakan dalam
melakukan interaksi dengan aplikasi. Sedangkan form lebih dikaitkan pada
tampilan design saat pembuatan aplikasi,dimana kita dapat melihat,mengatur property,tampilan
maupun menambahkan control.
Form adalah objek yang memiliki properti2 yang mendefinisikan tampilan,method
yang mendefinisikan behavior dan event yang mendefinisikan interaksi dengan
pengguna.Dengan mengatur property form,kita dapat mengcostumize objek untuk
memenuhi kebutuhan aplikasi.
Form adalah instance dari class. Form yang dibuat dengan windows form
designer adalah sebuah class,dan saat kita menampilkan sebuah instance dari
form pada run time,class adalah template yang digunakan untuk membuat form.
Dalam project Windows forms,form adalah alat utama untuk interaksi user.
Dengan mengkombinasikan set control dan koding,kita dapat memperoleh informasi
dari pengguna dan memberikan respon,bekerja dengan data yang sudah tersimpan
,melakukan query dan menuliskan kembali ke system file dan register pada computer
pengguna. Meskipun form dapat dibuat secara manual kseluruhan di code
editor,namun lebih mudah menggunakan windows form designer untuk membuat dan
memodifikasi form.
Untuk membuat aplikasi berbasis windows forms dapat
dilakukan dengan cara berikut:
1.
pilih menu File
2.
New
3.
Project

Setelah
tampil dialog New Project, pilih Visual Basic untuk Project Types,
karena kita sedang membuat aplikasi menggunakan Visual Basic .NET. Pada Templates
pilih Windows Forms Application. Setelah itu tentukan nama proyek
yang akan kita buat dengan mengisi kotak Name (sesuaikan nama proyek sesuai
proyek/aplikasi yang akan dibuat). Dan tentukan lokasi untuk menyimpan proyek .Jika
semua sudah dipilih dan diisi sesuai proyek/aplikasi yang akan dibuat,
selanjutnya klik tombol Ok di bagian bawah,seperti pada gambar dibawah ini:
Kemudian akan tampil form
kosong seperti pada gambar dibawah ini :
Disini dapat dibuat aplikasi sesuai dengan keinginan dengan menggunakan
toolbox yang sudah disediakan.
Pada
toolbox terdapat Kontrol
dari lingkungan pengembangan, dan digunakan untuk membuat obyek pada form dengan cara sederhana, yaitu
dengan drag and drop.Kontrol
dari Windows Forms secara khusus dirancang untuk membangun aplikasi Microsoft
Windows, dan kita akan menemukan mereka diorganisasikan pada tab All Windows
Forms dari Toolbox. Jendela
Toolbox menampilkan alat yang dapat digunakan pada dokumen yang sedang aktif.
Alat-alat tersebut akan tersedia bila kita mengedit Windows Form.
Kemudian
ada juga yang disebut sebagai Properties,dimana disini kita dapat mengubah karakteristik, atau
pengaturan properti, dari elemen user interface yang ada pada form (temasuk
komponen didalamnya seperti Button, TextBox, Label,GroupBox,CheckBoxes dan lainnya). Pengaturan
properti merupakan salah satu yang menentukan kualitas dari aplikasi yang kita
buat. Kita dapat mengubah pengaturan properti dari jendela Properties saat kita
sedang menciptakan user interface (pada saat design), atau dapat juga dengan menambahkan koding melalui kode editor untuk
mengubah satu atau lebih pengaturan properti saat program berjalan (pada saat
runtime).
Berikut
contoh tampilan untuk Properties:

Setelah kita selesai membuat
rancangan form dan komponen didalamnya,selanjutnya yang akan
dilakukan adalah koding dengan mengklik button dua kali,maka akan masuk ke
program code nya.Setelah selesai koding,untuk melihat hasilnya dapat menekan
tombol F5 pada keyboard,maka aplikasi akan jalan.
Disini juga
terdapat Event Handling yang
merupakan suatu metode untuk menangani sebuah event/aksi yang diberikan
pengguna kepada suatu komponen GUI. Event adalah suatu peristiwa yang dipicu
oleh pengguna pada suatu komponen, misalnya tombol ditekan.Jadi event
adalah ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Event handler adalah sebuah metode yang melakukan suatu tugas dalam
menanggapi suatu peristiwa. Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa Event
handling adalah proses keseluruhan untuk merespon event
Penjelasan Program
Program
yang dibuat merupakan suatu program sederhana dengan kebutuhan untuk menginput
Nama dan Nim mahasiswa di Binus
University. Program ini dibuat dengan menggunakan Visual Studio 2012(Microsof Visual C# 20120 Express),dengan pilihan
WindowsFormApplication , agar program
yang ditampilkan kelihatan menarik. Program ini dibuat dengan menggunakan 2
buah Label (Nama dan Nim), 2 buah TextBox(Nama dan Nim) yang dapat diinput
sesuai keinginan user,dan 2 buah Button(Simpan Data dan Data Baru) dengan
beberapa control.
Berikut ditampilkan code nya :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace Erlini_15011xxxxx
{
public partial class Form1 : Form
{
public Form1()
{
InitializeComponent();
}
private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
{
String angka = TBNim.Text;
int angka1;
Boolean valid;
try
{
angka1 = int.Parse(angka);
valid = true;
}
catch (Exception)
{
valid = false;
}
if (TBNama.Text == "")
{
MessageBox.Show("Maaf,nama harus diisi !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if (TBNim.Text == "")
{
MessageBox.Show("Maaf,nim harus diisi !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if (TBNim.Text.Length < 10)
{
MessageBox.Show("Maaf,NIM anda tidak lengkap !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if (TBNim.Text.Length > 10)
{
MessageBox.Show("Maaf,NIM tidak boleh lebih dari 10 angka !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if(valid==false)
{
MessageBox.Show("Maaf,NIM harus berupa angka !","Error",MessageBoxButtons.OK,MessageBoxIcon.Error);
}
else
{
MessageBox.Show("Nama: " + TBNama.Text + "\nNim : " + TBNim.Text, "Simpan data", MessageBoxButtons.OK);
TBNama.BackColor = Color.Gray;
TBNim.BackColor = Color.Gray;
MessageBox.Show("Terimakasih,data telah di simpan", "Confirm", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information);
}
}
private void ButtonDB_Click(object sender, EventArgs e)
{
TBNama.Text = "";
TBNama.BackColor = Color.White;
TBNim.Text="";
TBNim.BackColor = Color.White;
}
private void TBNama_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
{
char keychar = e.KeyChar;
if(keychar==13)
{
TBNim.Focus();
}
}
private void TBNim_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
{
char keychar = e.KeyChar;
if(keychar==13)
{
ButtonSD.Focus();
}
}
}
}
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace Erlini_15011xxxxx
{
public partial class Form1 : Form
{
public Form1()
{
InitializeComponent();
}
private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
{
String angka = TBNim.Text;
int angka1;
Boolean valid;
try
{
angka1 = int.Parse(angka);
valid = true;
}
catch (Exception)
{
valid = false;
}
if (TBNama.Text == "")
{
MessageBox.Show("Maaf,nama harus diisi !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if (TBNim.Text == "")
{
MessageBox.Show("Maaf,nim harus diisi !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if (TBNim.Text.Length < 10)
{
MessageBox.Show("Maaf,NIM anda tidak lengkap !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if (TBNim.Text.Length > 10)
{
MessageBox.Show("Maaf,NIM tidak boleh lebih dari 10 angka !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
}
else if(valid==false)
{
MessageBox.Show("Maaf,NIM harus berupa angka !","Error",MessageBoxButtons.OK,MessageBoxIcon.Error);
}
else
{
MessageBox.Show("Nama: " + TBNama.Text + "\nNim : " + TBNim.Text, "Simpan data", MessageBoxButtons.OK);
TBNama.BackColor = Color.Gray;
TBNim.BackColor = Color.Gray;
MessageBox.Show("Terimakasih,data telah di simpan", "Confirm", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information);
}
}
private void ButtonDB_Click(object sender, EventArgs e)
{
TBNama.Text = "";
TBNama.BackColor = Color.White;
TBNim.Text="";
TBNim.BackColor = Color.White;
}
private void TBNama_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
{
char keychar = e.KeyChar;
if(keychar==13)
{
TBNim.Focus();
}
}
private void TBNim_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
{
char keychar = e.KeyChar;
if(keychar==13)
{
ButtonSD.Focus();
}
}
}
}
Jadi,inti dari aplikasi sederhana ini adalah user akan diminta untuk mengisi nama dan nim,dimana sudah ada validasi nya . Jika apa yang diminta aplikasi tidak sesuai dengan yang diinput maka akan dimunculkan mbox.
Flowchart nya sebagai berikut:
1. Program
dimulai dengan “Start”
2. Decision disini menjelaskan :
-
Apabila user menekan button Simpan Data tanpa
mengisi Nama pada TextBox , maka akan muncul MessageBox “Nama harus diisi”
-
Apabila user tidak menekan button Simpan Data,maka
akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu menginput Nama
3. Setelah menginput Nama,maka akan ada decision yang menjelaskan:
-
Apabila user menekan button Simpan Data tanpa
mengisi Nim pada TextBox ,maka akan muncul MessageBox “Nim harus diisi”
-
Apabila user tidak menekan button Simpan Data,maka
akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu menginput Nim
4. Setelah menginput Nama dan Nim maka user akan menekan button Simpan Data
5. Kemudian akan muncul MessageBox Simpan Data yang berisi Nama dan Nim
sesuai inputan user
6. Kemudian user akan menekan button OK pada MessageBox Simpan data dan
akan ditampilkan kembali Form OFC01_GUI dengan background pada TextBox nama dan
nim yang sudah berubah menjadi warna abu-abu(menunjukkan bahwa data telah
disimpan)
Setelah itu terdapat decision :
-
Apabila user kembali menekan button Simpan data
maka akan ditampilkan kembali MessageBox Simpan Data dan dilanjutkan proses
selanjutnya
-
Namun apabila user menekan button Data Baru maka
akan dibuka Form OFC01_GUI yang baru,yang mana data sudah dibersihkan dari
TextBox dn user dapat kembali menginput Nama dan Nim sesuai keinginan. Dan
proses kembali dilanjutkan seperti yang dijelaskan diatas.
Kesimpulan
yang saya dapatkan dari tugas ini adalah pemahaman tentang GUI dengan
menggunakan c#. Dimana terdapat sangat tool yang bisa digunakan dalam membuat
sebuah program. Pada program ini tool yang digunakan adalah Label,TextBox,dan
Button. Sebenarnya masih sangat banyak tool yang bisa digunakan seperti
radioButton(untuk male/female),comboBox,checkbox,dll,tergantung kebutuhan. Dan
pada program ini event yang digunakan adalah “KeyPress”,dimana pada saat user
menekan enter maka dari textbox Nama akan berpindah ke textbox Nim. Selain
itu,event lain yang digunakan adalah button Click,dimana pada saat user
mengklik button “Simpan Data” atau “Data baru” akan ada event yang
terjadi,misalnya pada saat mengklik button “Simpan Data” akan muncul MesageBox konfirmasi.
0 komentar :
Posting Komentar