Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Hakk�mda

Foto Saya
Nini Chen
hi there ! i'm nini. i very love my mom, and very love my daddy ~ i LOVE my family ^^ i have one bro and one sist , i like sleep and eat something delicious :D find me at : facebook : Nini Chen Twitter : @ninichenn
Lihat profil lengkapku

Rabu, 12 Juni 2013

Overview
UP ( Unified Process ) merupakan sebuah metodologi pengembangan perangkat lunak yang dibangun dengan tujuan untuk memudahkan pengontrolan dan meningkatkan kualitas perangkat lunak yang dibangun.UP ini sendiri diperlukan dalam sebuah system agar dapat diimplementasi, diuji, dijalankan, dan dimanage 
 
Implementation
Seluruh aktifivitas yang terjadi dalam implementasi itu sendiri  bersangkutan dengan komponen software dimana dapat diperoleh atau dibangun berdasarkan pada projek tertentu.
Komponen itu sendiri merupakan sebuah modul perangkat lunak yang sudah terpasang dengan lengkap, siap untuk digunakan dan sudah diatur sedemikian rupa sebagai interface untuk menghubungkan client atau bagian lain dalam sebuah system
Setiap komponen dalam suatu system membutuhkan sebuah standart untuk dapat mendeskripsikan bagaimana komponen dapat berinteraksi. Sayangnya, ada beberapa standart interaksi komponen termasuk : Common Object Request Broker Architecture (CORBA), Java 2 Enterprise Edition (J2EE), Common Object Model (COM), dan Simple Object Access Protocol (SOAP)
Pada dasarnya, membangun dan menjalankan software aplikasi modern adalah sebuah proses untuk menentukan standart interaksi komponen, menerapkan class dari sebuah object oriented design (OOD), mempaketkan class-class tersebut ke dalam unit executable unit dengan standart yang telah ditentukan, dan menginstal software aplikasi dengan bantuan hardware dan software infrastructure.

Testing
Testing merupakan sebuah salah satu proses dalam  memeriksa dan mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam produk. Untuk dapat melakukan testing, sebelumnya developers sudah harus membangun atau memiliki software dan memiliki standart untuk mengindentifikasi apa yang menyebabkan terjadinya masalah.
Developers dapat melakukan testing software dengan melakukan review pembuatan dengan mendesign dan membangun software, kemudian melakukan ujicoba dan memeriksa hasil dari ujicoba tersebut. Jika ditemukan adanya error, maka developers perlu melakukan developers cycle dengan mendesign, membuat, mengeksekusi, dan melakukan evaluasi sampai error tersebut dapat diatasi.
Berikut adalah aktivitas yang dilakukan dalam testing : 
-Menetapkan dan melakukan unit testing 
-Menetapkan dan melakukan intefration testing 
-Menetapkan dan melakukan usability testing 
-Menetapkan dan melakukan user acceptance testing
Berikut ini adalah type-type dari jenis testing :  
- Unit testing : mengidentifikasi masalah dalam komponen software yang tidak menjalankan fungsi yang seharusnya ketika ditesting secara terpisah 
-  Integration testing : mengindentifikasi masalah dalam komponen software yang tidak menjalan  yang seharusnya ketika dioperasikan bersama dengan komponen lain 
- Usability testing : mengidentifikasi masalah yang terjadi pada rendahnya tingkat kepuasan user dalam menggunakan software 
- User Acceptance testing : mengindentifikasi seluruh jenis masalah yang terjadi
Bagian penting dalam uji pengembangan (developing test) adalah dengan menspesifikasi test case dan test data. Test case itu sendiri adalah sebuah deskripsi formal dari keadaan awal, kemudian satu atau beberapa peristiwa dimana perlu untuk direspon oleh software, sampai respon akhir dari software atau disebut juga sebagai keadaan akhir.
Test data merupakan himpunan dari keadaan awal dan events yang digunakan untuk melakukan test pada sebuah module atau pada keseluruhan system.
Unit testing merupakan proses pengujian metode individu, kelas, atau komponen, sebelum mereka berintegrasi dengan perangkat lunak lain. Tujuan dari unit testing itu sendiri itu adalah untuk mengindentifikasi dan memperbaiki banyak kesalahan yang terjadi sebisa mungkin sebelum digabungkan dengan software unit yang lebih besar.

Berikut adalah dua metode untuk melakukan testing unit secara terpisah : 
- Driver : sebuah method atau class , dikembangkan untuk pengujian unit yang digunakan untuk mensimulasikan perilaku dari sebuah method yang mengirim pesan ke method yang sedang diuji 
- Stub : sebuah method atau class, dikembangkan untuk pengujian unit yang digunakan untuk mensimulasikan perilaku dari sebuah method yang belum ditulis
Integration Testing merupakan proses pengujian evaluasi perilaku dari sebuah kumpulan method atau class.
Usability Testing merupakan proses pengujian untuk menentukan apakah method, class, subsystem, atau system sinkron dengan user requirement : 
- Performance test merupakan sebuah pengujian integrasi dan kegunaan untuk menentukan apakah system atau subsystem dapat sinkron dengan criteria dari time based performance 
- Response time merupakan keinginan atau tunjangan maksimum yang memperbolehkan software untuk dapat meresponse pada query atau update. 
- Troughput merupakan keinginan atau tunjangan minimum dari query dan transaksi yang perlu diproses per menit atau perjam.
User Acceptance Testing merupakan sebuah system pengujian yang digunakan untuk menentukan apakah system tersebut dapat memenuhi keinginan dan memuaskan user. Acceptance testing merupakan prosedur formal yang perlu dilakukan dalam setiap project.

Pihak-pihak yang terlibat dalam Pengujian Software
Programmer : berperan sebagai unit testing dalam source code system
User : berperan sebagai pengguna system dimana system layak digunakan atau tidak
Personil Jaminan Kualitas : berperan sebagai pengembang software dengan menentukan apa yang perlu ditambahkan

Configuration and Change Management
Konfigurasi dan manajemen digunakan ketika sedang dilakukannya aktivitas support implementasi, testing, dan deployment. Konfigurasi dan manajemen mencangkup berbagai kegiatan yang membantu dalam pengontrolan komplektisitas yang terkait dengan pengujian (testing) dan support sebuah system melalui beberapa pengembangan dan operasional
Aktivitas dari konfigurasi dan manajemen itu sendiri memiliki hubungan pada manajemen project, implementasi, testing, dan deployment. Merubah prosedur pada system biasanya dikembangkan pada statement awal sebelum pengembangan system software yang lebih lanjut dilakukan.

Versioning
Versioning itu sendiri digunakan untuk membantu pengembangan, penginstalasi, dan maintain  sistem yang kompleks dalam serangkaian versi untuk menyederhanakan pengujian, deployment, dan support system.
Jenis-jenis Versioning : 
· Alpha Version : Versi testing yang sudah cukup lengkap tetapi siap digunakan untuk beberapa tingkat integrasi dengan level yang ketat atau pengujian layak kegunaan. 
· Beta : Versi testing yang cukup stabil untuk diuji oleh pengguna akhir untuk jangka waktu tertentu 
· Production : Versi system yang secara resmi sudah bisa didistribusikan kepada pengguna atau dibuat secara operasional untuk tujuan penggunaan jangka panjang. 
· Maintenance Release : System pembaharuan yang menyediakan perbaikan bug dan perubahan kecil untuk fitur yang ada pada system
Submiting Change Requet and Error Report
Untuk memanage resiko yang terkait dengan perubahan sebagian besar organisasi menerapkan prosedur pengendalian secara formal untuk seluruh system operasional. Pengendalian formal ini di desain dengan tujuan memastikan bahwa ada kemungkinan untuk terjadinya perubahan,dan tentunya akan dipertimbangkan dan dierncakan sebelum benar-benera di implementasikan kedalam system. Prosedur pengendaliannya berupa :
  1. request form untuk perubahan,
  2. review request utk melakukan permintaan perubahan,
  3. setelah itu baru melakukan perencanaan yang luas untuk melakukan desain dan pengimplementasian.
Change request form yang telah diselesaikan oleh user atau pemilik system akan diisi dengan deskripsi ttg perubahan yang dilakukan,request date,request by,target sistemnya,dll. Semuanya akan di isi form ini,yang nantinya akan diserahkan ke bagian yang megurusi ttg perubahan untuk dipertimbangkan. Kemudian bagian komite perubahan akan mereview ttg permintaan perubahan mengakses dampak pada hardware dan software co,puter,kinerja system nya bagaimana,budget,dan security nya. Nah , rekomendasi dari komite pengendalian perubahan akan dimasukkan ke dalam form change review .


Implementing a Change
Setelah mendapat form change review maka langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan perubahan tersebut kedalam system.  Untuk mengimplementasikan perubahan , disni mengikuti Up life cycle. Pada dasarnya perubahannya akan dilakukan secara bertahap dan harus mengetahui persyaratn teknikal secara jelas terlebih dahulu. Biasanya kegiatan ttg business modeling,requirement discipline akan dilewatkan dan mengurangi kegiatan design,namun lebih fokus pada aktivitas sebagai berikut: 
1. Mengdentifikasi bagian mana dari system yang akan dilakukan perubahan 
2. Mengamankan sumber daya untuk mengimplementasikan perubahan 
3. Melakukan penjadwalan design dan mengimplementasikan aktivitasnya 
4. Mengembangkan criteria test dan melakukan pengujian atas system yang sudah diganti
Staff bagian design,implemenatsi,dan testing akan melakukan reviw ttg dokumentasi system utk mengetahui ruang lingkup perubahan . Melakukan criteria test dan pernecanaan merupakan titik awal utk mengevaluasi system baru. Design system yang ada akan dilakukan evaluasi dan dimodifikasi sesuai keperluan untuk menerapkan perubahan yang diajukan.  The production system merupakan versi dari system yang digunakan sehari-hari. Test version ini merupakann copy dari system produksi yang dimodifikasi untuk menguji perunahan yang dilakukan.

Upgrading Computing Infrastructure
Hardware computer,system software dan network harus di upgrade secara berkala dengan alasan
1.Melakukan maintance software 
2.Upgrade versi software 
3.Adanya Penurunan kinerja system

Seperti pada aplikasi software,system software seperti dbms dimana harus terus menerus di ubah untuk memperbaiki kesalahan yang ada ataupun untuk menambahkan fungsi2 baru.Mungkin saja aplikasi software yang dapat bekerja dengan baik pada software versi lama akan gagal ketika software itu diupdate.Oleh karena itu harus di test terkebih dahulu sebelum di apply di system operasional nya.Input dari user atau staff IS dapat mengindikasikan kebutuhan untuk pengingkatan performance.Tapi keputusan akhir apakah upgrade itu dibutuhkan adalah dengan melalui penyelelidikan atau research.

Deployment
Setelah sistem baru telah dikembangkan dan diuji, maka harus ditempatkan ke dalam operasi. Deployment discipline adalah serangkaian kegiatan yang dibutuhkan untuk membuat sistem operasional yang baru. Kegiatan deployment nya melibatkan banyak kendala yang bertentangan, termasuk biaya, kebutuhan untuk mempertahankan hubungan pelanggan yang positif, kebutuhan untuk mendukung karyawan, kompleksitas logistik, dan secara keseluruhan berisiko bagi organisasi.

Acquiring Hardware and System Hardware
Aplikasi perangkat lunak harus memiliki infrastruktur pendukung . Jika infrastruktur yang sama sekali baru harus diperoleh, maka developer akan  bekerja dengan IS staf untuk memilih dan memperolehnya. Cara memperolehnya adalah :
1.Perencanaan
2.Mengembangkan
request for proposal
3.mengevaluasi
hasil
4. Memilih satu atau lebih vendor
5. Instalasi dan configurating perangkat keras baru dan perangkat lunak sistem

Packaging and Installing Components
Komponen harus di install secara fisik ke host server,kemudian baru ditambahkan,setelah itu masing masing baru diberi tugas satu/lebih alamat jaringan untuk memungkinkan akses client.  Standar interaksi untuk komponen baru diisi dengan format file XML untuk menyimpan registration dan akses informasi. Developer biasanya akan menggunakan komponen untuk melakukan testing atau production server seperti yang dikembangkan atau ditest. Developer biasanya bisa membuatt package dan menginstall komponen dengan menggunakan utilitas yang disediakan dengan software pengembangan apliaksi

Training Users
Training merupakan bagian yang pentng dalam melakukan pengembangan system,karena user merupakan bagian dari system oleh karena itu training sangt diperlukan.Tanpa adanya training,user akan bekerja dengan cara mereka sendiri secara lambat,memungkinkan tingkat kesalahan yang tinggi,. Dengan adanya training maka akan memungkinkan user untuk menjadi lebih produktif.
Ada 2 jenisnys: 
1.End user : Adalah orang yang menggunakan system dari hari ke hari dengan tujuan mencapao tujuan bisnis , aktivitas nya adalah
1. Membuat catatan atau transaksi yang terjadi
2. Melakukan modifikasi isi database
3. Menghasilkan laporan
4. Query database
5. Mengimpor atau ekspor data

2.System operator : Adalah orang yang melakukan fungsi administrative dan pemeliharaan secara rutin untuk menjaga system operasi,aktivitasnya adalah
1.Memulai atau menghentikan system
2.Melakukan query status siste,
3.Melakukan back up data untuk di arsip
4.Melakukan recovery data untuk di arsip
5 Menginstall atau upgrade software

Secara umum,end user  sering menggunakan system dalam waktu yang lama,sedangkan system operator jarang berinteraksi dengan system  dan biasanya hanya untuk jangka waktu yang pendek.
End user memecahkan masalah dengan menerapkan prosedur bisnis yang spesifik,dan pelatihan end user lebih menekankan pada hands-on dimana aktivitas nya dilakukan secara fisik pada penerapan system untuk proses bisnis yang spesifik seperti mengentry pemesanan,melakukan control ketersediaan atau accounting. Sedangkan sysem operator , training yang dilakukan tidak terlalu formal ketika operator nya bukan end user.  Dan secara ideal di dunia,training tidak dimulai sampai interface diselesaikan dan versi testing selesai diinstal namun pada akhirnya adalah project harus masuk pada kesempurnaan .

Converting and Initializing Data
System operasional memerlukan database yang diisi penuh dengan proses yang mendukung masuknya sebuah system. Developers ahrus memastikan bahwa informasi yang dibutuhkan harus ada pada databse sebagai subsistem yang akan menjadi operasional. Yang mana data yang dibutuhkan pada startup system adalah dapat diperoleh dari : 
1.File atau databse dari system 
2.Catatan manual 
3.File atau databse dari system lain pda organisasi 
4.Feedback user selama pengoperasiaon system normal

Reloading Databases
Database system lama digunakan secara langsung oleh sisttem baru dengan sedikit/tidak ada perubahan pada struktur database nya. Menggunakan kmbali database yang ada cukup umum karena adanya kesulitan yang ditimbulkan dan masalah biaya untuk menciptakan database yang baru dari awal,terutama ketika database single yang mendukung beberapa system informasi seperti system ERP yang digunakan pada saat ini.Perubahan yang lebih kompleks untuk struktur database mungkin memerlukan memerlukan reload data setelah perubahan dilakukan. Dalam kasus pada gambar ini,staff pelaksana harus mengembangkan program untuk mengubah database setelah dilakukan modifikasi. Disini ada 2 kemungkinan pendekatan untuk melakukan reload data.: 
1.Menginisialisasi database baru dan mengcopy isi lama dari database Kemudian program akan akan menerjemahkan data yang tersimpan dalam struktur database pertama ke dalam struktur database yang baru dimodifikasi 
2.Menggunakan program atau alat dbms untuk mengekstract dan menghapus data dari database yang sudah ada dan menyimpannya kedalam tempat penyimpanan data sementara. Struktur database tsb kemudian akan dimodifikasi dan program yang dgunakan untuk reload database akan dimodifikasi.
 
Planning and managing implementation, testing, and deployment 
Chapter 2 menggambarkan UP sebagai bentuk pengembangan adaptif di mana sebuah sistem bertahap dijelaskan, dibangun, dan diuji.
 Dalam sesi ini, akan lebih berfokus pada hubungan timbal balik (interrelationship)  dan menggambarkan bagaimana developer membuat iteration plan dan mengelola aktifitas dari semua UP disiplin

Testing 
Chapter lain telah mengenalkan bagaimana peran sebuah testing sebagai teknik validasi untuk model requirement dan desain. Dengan demikian, salah satu tujuan dari pengujian memvalidasi kebutuhan pengguna dan desain keputusan diwujudkan dalam perangkat lunak. Tujuan testing :
o   Validasi Kegunaan sistem
o   Penerimaan user (Accetance user)
o   Validasi kebutuhan pengguna
o   Discover error (menemukan error)

Implementation 
salah satu keputusan yang paling dasar yang harus dibuat tentang pembangunan perangkat lunak adalah urutan komponen perangkat lunak yang akan dikembangkan.  memilih bagian mana dari sistem untuk melaksanakan di mana iterasi itu sulit, dan pengembang harus mempertimbangkan banyak faktor, salah satu dari beberapa yang timbul dari perangkat lunak itu sendiri. Kebutuhan yang mungkin :
o   input,proses,output
o   top down
o   buttom up
setiap proyek harus beradaptasi satu atau kombinasi dari pendekatan ini untuk kebutuhan dan kendala proyek tertentu 

Input,process,output development order
o   Input,process,output development order didasarkan pada aliran data melalui sistem atau program
o   Masalah utama yaitu menganalisis ketergantungan, kelas dan metode yang mana yang berfungsi untuk menampung atau menghasilkan data yang dibutuhkan oleh kelas-kelas dan metode lain ? Ketergantungan antar class ini sudah di dokumentasikan dalam package diagram dan class diagram, Dengan demikian, salah satu atau kedua jenis diagram dapat memandu pelaksanaan keputusan/pengembangan. Figure 13-19 menunjukan bahwa pelanggan dan katalog subsistem pemeliharaan tidak tergantung satu sama lain atau pada salah satu dari dua subsistem lainnya

Top-down and buttom-up development order
o   Istilah  top down and buttom up
o   desain structed tradisional terurai software menjadi serangkaian modul atau fungsi yang hiererchically terkait satu sama lain.
o   sebagai analogi visual, pertimbangkan sebuah bagan organisasi khas dengan presiden atau ceo di bagian atas
o    Top-down development dimulai dengan ceo untuk menyediakan tingkat detail yang lebih baik
o   Bottom up development dimulai dengan modul rinci pada tingkat terendah dan bekerja untuk ceo
o   Implementasi Top-down , akan dijalankan view layer class dan methodnya terlebih dahulu, kemudian domain layer class dan method selanjutnya, dan yang terakhir  data access dan methodya
o   Sedangkan implementasi bottom up akan berjalan terbalik dari implemetasi yang dilakukan top-down
o   Method dependency juga di dokumentasikan dalam sequence diagram, method dependency teleh di dokumentasi dalam aliran pesan dari kiri ke kanan
o   Keunggulan utama dalam top-down development : ada program yang selalu berjalan dalam versi working. Contohnya : 
Source Code Control System (SCCS) : Alat otomatis untuk melacak file kode sumber dan pengendalian perubahan ke file-file
o   Menyimpan file dalam repositori
o   Mencegah perubahan konsisten dan mengotomatisasi koordinasi

Pemrogram dapat memanipulasi file dalam tiga mode
o   Check out file dalam modus read-only : ketika dia ingin menguji tanpa mengubah kode
o   Check out file dalam membaca / menulis modus : ketika programmer membutuhkan untuk mengubah file
o   Check in berkas yang telah diubah : mengecek apakah file telah terubah
Dalam SCCS, mencegah programmer beberapa programmer mengubah file yang sama dalam waktu yang sama, sehingga mencegah perubahan yang inkonsisten 
SCCS adalah kebutuhan mutlak ketika program yang dikembangkan oleh beberapa programmer 
repositori juga berfungsi sebagai fasilitas umum untuk backup dan pemulihan operasional

Framework Development 
Dalam menjalankan system OO, biasanya tidak membangun sebuah object framework (satu set foundation class) yang meliputi sebagian atau seluruh domain dan data access layer
Foundation classes adalah reuse
Disamping itu, jika terjadi perubahaan, kemungkinan besar akan mempengaruhi system sehingga diperlukan perubahan yang signifikan 

Team-based software Development
Masalah masalah management yang mungkin ditemukan dalam Team based program : 
· organisasi dari tim programming 
· Tugas tugas untuk tim atau anggota tertentu 
· komunikasi dan koordinasi anggota dan team
Cara / metode dalam implementasi organisasi :
Team Type
Team Characteristic
Task and Project type
Cooperating peer
-  tingkat kemampuan yang sama
-  Tumpang tindih (Saling Melengkapi)

-   Experimen
-   pemecahan masalah yang kreatif
Chief Developer
-  Seperti militer dimana seorang pemimpin akan mengambil keputusan
-   Tujuan yang jelas
-   cara penyelesayan yang jelas
Collaborative specialist
-  Kemampuan dan pengalaman yang luas
-  Tumpang tindih yang minim
-  Kesepakatan dalam mengambil keputusan
-   Dianogsan dan experiment
-   pemecahan masalah yang kreatif dan terintegrasi
o
o   Mengeluarkan dana dari operasional
o   mendeteksi dan mengkoreksi error dalam sistem
o   hal hal yang berpotensi mengganggu perusahaan dan operasi SI-nya
o   pelatihan anggota dan membiasakan konsumen dengan prosedur yang baru 
Pendekatan deployement :
o   Direct Deployment
o   parallel deployment
o   Phased deployment
Setiap pendekatan memiliki kekuatan dan kelemahannya tersendiri, dan tidak ada pendekatan yang paling bagus untuk semua sistem  
Direct Deplloyement :
o   System baru telah diinstal dan operasional yang cepat dibuat, dan setiap sistem yang tumpang tindih akan di matikan
o   Keunggulan utama : simple (sederhana)
o   Kelemahan : karena sistem lama tidak beroperasi lagi, maka kemungkinan sistem baru gagal akibat tidak ada back up. Besarnya resiko terletak pada sifat sistem,biaya kegagalan sistem dan biaya ketersediaan sistem
o   Biasanya digunakan ketika :
§  Sistem baru ini tidak mengganti / menimpa system lama
§  Waktu penghentian dapat di tolerir  
Parallel deployment
o   Menjalankan dua sistem secara bersamaan dengan periode waktu yang diperpanjang
o   Keunggulan utama : memiliki resiko kegagalan sistem yang relative lebih kecil
o   Kelemahan : Biaya yang lebih untuk menjalankan 2 sistem
o   Biaya yang dimaksud adalah :
§  memperoleh ruang ekstra untuk peralatan komputer dan personil
§  mempekerjakan personil sementara atau sementara menugaskan personil yang ada
§  meningkatnya kompleksitas manajerial dan logistik
o   Jika berjalan, system lama berperan sebagai cadangan untuk sistem baru
o   Segala kegagalan yang dialami dalam sistem baru dapat diatasi dengan mangandalkan sistem lama  
Phased Deployment
o   Sistem di deploy dalam serangkaian langkah-langkah atau fase
o   Setiap fase akan menambahkan komponen atau fungsi untuk sistem operasional
o   selama setiap fase, sistem ini diuji untuk memastikan bahwa ia siap untuk menuju ke tahap berikutnya
o   penyebaran bertahap dapat dikombinasikan dengan penyebaran paralel, terutama ketika sistem baru akan mengambil alih dari beberapa pengoperasian sistem yang ada
o   tidak ada metode tunggal untuk melakukan penyebaran bertahap
o   dibagi menjadi 3 bagian :
§  fase pertama adalah pengganti langsung dari salah satu sistem yang ada
§  fase ke dua dan ketiga adalah bagian yang berbeda dari penyebaran paralel dimana pada fase ini akan menggantikan sistem lain yang ada
o   Keunggulan : mengurangi resiko
o   Resiko dikurangi karena kegagalan fase tunggal tidak mengakibatkan efek yang fatal daripada kegagalan seluruh sistem
o   Kelemahan : meningkatnya kompleksitas
o   Membagi  sistem menjadi fase fase membutuhkan aktifitas yang lebih, sehingga membuat prosesnya menjadi lebih kompleks
o   Namun disetiap fase berisi satu set yang lebih kecil dan kegiatan yang lebih mudah dikelola
o   Lebih berguna diguakan untuk sistem yang besar, complex, 
Personnel Issues
o   Biasanya adanya tuntutan waktu,jadwal, pembelajaran yang harus cepat, adaptasi sehingga menimbulkan stress yang tinggi
o   Planning harus mengantisipasi masalah ini dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi efeknya

cc : Andreas Hadi & Riky Angga 
Our presentation in Anapersil's Class week 13



Selasa, 14 Mei 2013



menjadi cantik itu, gampang dan sederhana. namun, banyak orang yang mempersulit dirinya sendiri. berawal dari niat yang teguh dan tidak malas, cantik bisa menjelma menjadi diri kita secara bertahap.



Ini pengalaman saya bersama Marina
Dulu sewaktu saya belum kuliah di Jakarta, saya tidak merasakan kondisi cuaca panas seperti ini di kampung halaman saya. Jakarta sih bener-bener panas nya tingkat internasional! Dimulai dari aktivitas kuliah siang saya dengan berjalan kaki menuju kampus, macet kalo mau kemana-mana dan sering banget ngeliat temen-temen update status twitter "neraka bocor", nah gimana kulit ga hitam? Jadi, terkadang saya malas keluar rumah, walaupun itu buat hangout bareng temen-temen dikarenakan cuaca yang super panas. Akibatnya temen-temen terkadang ga mau ajakin saya jalan-jalan. Jujur,saya sedikit kurang pede karena takut kulit hitam terkena sinar matahari dan membuat kulit saya terlihat kering dan tidak sehat. Dan biasanya kalo jalan-jalan pastinya hobby cewek-cewek seperti kita selalu foto-foto, bernarsis ria, dan saya merasa ‘kurang’ banget dibandingin temen-temen saya. Karena itu saya selalu pake jaket kalo mau kemana-mana.

Karena itu,saya berusaha buat cari cara, gimana sih supaya saya bisa lebih pede, dan ga usah ngerisauin kulit saya yang bakalan jadi hitam karena terkena paparan sinar matahari langsung? Dan ternyata, banyak banget sumber tentang lotion –lotion yang bagus, sampai saya bener-bener bingung mana yang harus saya pilih. Nah, sampai suatu hari saya jalan-jalan ke mall dengan tujuan membeli keperluan sehari-hari,dan secara tidak sengaja melihat Marina UV White Extra SPF 15 Hand & Body lotion, saya jadi penasaran, lalu saya baca ingredients nya, dan ternyata Marina mengandung :
1. SPF15 sebagai UV B Protection yang melindungi dari paparan sinar matahari
2. PA+ sebagai UV A Protection yang membantu menghambat proses penggelapan kulit
3. Biowhitening Complex dari Yogurt dan Vitamin B3 yang kaya akan nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih merata.

tarra! i met Marina :D

Saat itu,saya pikir, "Wah ini cocok banget dengan apa yang saya cari selama ini!" karena mengandung SPF15 yang optimal melindungi dari 94% sinar UV sehingga kulit saya bisa terlihat tetap putih dan merata, PA+ yang mampu membantu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, dan Yogurt yang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh kita dengan rasa yang enak, namun juga bisa membuat kulit lebih cerah dan warna kulit lebih merata. Jadi untuk membuktikan semua itu, setiap hari setelah mandi ataupun pada saat ingin keluar rumah, saya akan selalu mengusapkan Marina pada kulit saya,dan juga saat sebelum tidur untuk tetap meremajakan kulit. 
Nah,semenjak menggunakan Marina kulit saya bisa menjadi lebih fresh, wangi, seger, dan bikin saya merasa lebih cantik. Setelah beberapa minggu mencoba menggunakan Marina, ternyata it works! (udah kayak iklan aja sih, hehe..) 
Marina memberikan manfaat yang luar biasa bagi saya,sekarang saya merasa lebih pede saat berada dibawah sinar matahari dan saya tidak takut lagi terkena sinar matahari, karena saya tau ada Marina yang bisa menjaga saya dari sinar UV yang jahat. Horeee! Dan malahan sekarang, saya yang lebih sering ngajakin temen-temen hangout. Dan saya sadar bahwa setiap setiap cewek itu udah diberikan kecantikan masing-masing, udah satu paket malah: cantik dari luar dan dari dalam. Tergantung gimana masing-masing cewek merawat, menjaga, dan mempertahankan kecantikannya sendiri. Jadi, Sahabat Marina jangan sampai melakukan hal-hal instan yang tidak masuk akal demi mempercantik diri, karena kita bisa membuat diri kita cantik dari hal-hal yang sederhana, sesederhana mengoleskan Marina UV White setiap hari. Cantik itu gampang, kan? Modalnya rajin dan optimis aja kok! Dan tentunya, jangan hanya cantik di luar saja, tetapi harus cantik di dalam juga!





Finally,saya mau ngucapin thanks banget nih buat Marina yang telah berhasil buat  tingkat kepedean saya meningkat drastis! Sekarang, saya jadi ga takut lagi buat ber narsis ria di tempat-tempat outdoor yang langsung terkena sinar matahari (berbanding terbalik dengan saya yang dulu, hehehe..) thanks a lot Marina yang udah merubah hidup saya (:

Semoga dengan yang saya tulis ini bisa menginspirasi temen-temen smua untuk menjadi pribadi yang lebih optimis dan percaya diri, ya! Untuk info-info kecantikan lainnya yang up to date, temen-temen bisa langsung kunjungin :

Web: http://www.sahabatmarina.com/
Facebook: Sahabat Marina
Twitter: @sahabatmarina

Sumber Referensi:
www.sahabatmarina.com

Sabtu, 04 Mei 2013

Carrefour



B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya.
Nah , jadi disini kita mengambil contoh kasus dari carefour dimana carefour menerapkan jenis e-commerce B2B dengan para supplier nya.
Sebagaimana yang telah kita ketahui, sangat jarang sekali bhakan tidak pernah pada saat kita ingin mencari suatu product,namun product tersebut tidak ada, nah jadi disini Carefour memberi jaminan ketersediaan berbagai produk bagi ribuan pelanggannya setiap hari, serta menciptakan efisiensi bagi dirinya dan para pemasok, dan tentu saja Carrefour membenahi sistem rantai pasokannya. Bagaimana sistem SCM ini bekerja?
Sistem rantai pasokan memang memegang peran penting dalam industri ritel. Terlebih bagi peritel besar sekelas Carrefour, yang memiliki 75 gerai dengan lokasi tersebar di berbagai tempat dan bekerja sama dengan lebih dari 4 ribu pemasok. Jadi carefour mempunyai rantai pasokan yang efisien, maka jaminan pasokan barang selalu ada dan harga untuk konsumen akan selalu terkelola dengan baik.Pada awalnya SCM yang dikembangkan masih sangat sederhana,namun sejak juli 2007 mereka mulai mengembangkan rantai pasokan yang berbeda sehingga memudahkan pemasok dan gerai.
Untuk itu mereka membeli sebuah aplikasi ternama khusus untuk rantai pasokan dan sekaligus mampu menjalankan warehouse management system, yaitu InfoLog.
Dengan InfoLog, semua proses dalam rantai pasokan bisa diintegrasikan. Metoda yang dipakai carefour untuk SCM adalh dengan menerapkan proses JIT dimana terdapat pusat distribusi(Distributin center/DC yang biasa disebut dengan Cross Dock). Tujuannya adalah untuk mengefisiensikan proses shingga tidak diperlukan adanya stok dipusat distribusi. Jadi contohnya apabila pemasok mengirimkan barang hari ini ke DC maka keesokan hari nya barang itu sudah disalurkan ke gerai, jadi metode yang digunakan ini tidka akan ada product yang tertinggal di gudang. Jadi DC disni digunakan untuk mendistribusikan product bukan menyimpan.Jadi barang yang dikirimkan dari para pemasok akan dipilah2 sesuai permintaan dan kemudian dikirimkan kepada mereka.
Proses order disini,carefour mengembangkan Central Order Pool(COP) dimana proses pengorderan dilakukan secara otomatis,dan untuk pemesanan barang ke seluruh pemasok carefour menggunakan sistem Electronic Data Interchange(EDI). Dimana apabila order sudah diterima,pemasok bisa menerimanya melalui web , Ada pula pemasok yang sudah mengintegrasikannya dengan sistem ERP mereka. Selanjutnya, mereka menyampaikan (submit) order itu ke pabriknya, lalu barang pun dikirim ke DC Carrefour.
Keuntungan bagi carefour : perbaikan ketersediaan produk di gerai. hal itu sebenarnya juga merupakan keuntungan bagi pemasok, karena menghilangkan lost of sales yang diakibatkan produk tidak tersedia.
Keuntungan bagi pemasok : proses yang lebih sederhana, karena hanya memproses satu order. Pemasok juga hanya perlu mengirim produk ke satu titik, sehingga lebih menghemat biaya dibanding mengirim produk ke seluruh gerai. Pemasok pun akan merasakan penghematan biaya pengiriman, ketersediaan produk yang lebih terjamin, dan terjaganya kinerja pemasok di Carrefour dalam hal service level.
Berikut beberapa pemasok yang sudah memanfaatkan SCM yang dikembangkan carefour:
1. CV Mulyatama - pemasok private label untuk tempat CD, tempat tisu di mobil, dan sebagainya. Menurut pemiliknya,Rantai pasokan baru yang dijalankan Carrefour sangat bagus. Keunggulannya, sistem ini sangat efisien dari segi waktu dan tenaga kerja,sehingga penggunaan tenaga kerja berkurang karena Mulyatama hanya perlu mengirimkan ke DC carefour dan nantinya DC carefour yang akan melakukan pengiriman ke gerai2.
2.Unilever Indonesia :menurut pemiliknya,dengan sistem pengiriman terpusat ini, Unilever sebagai pemasok tidak perlu lagi mengirim barang langsung ke gerai-gerai Carrefour, tapi cukup ke gudang Carrefour. Carrefour kemudian akan mengirim barang Unilever ke gerai bersama-sama dengan barang dari pemasok lain.merupakan kolaborasi yang baik antara Unilever dengan Carrefour. dan Apabila dilihat dari rantai pasokan secara keseluruhan, kolaborasi ini menghasilkan efisiensi yang bisa dinikmati bersama oleh Unilever dan Carrefour


Type B2B E-commerce yang dipakai carefour adalah
Type B2B yang digunakan carefour adalah Buy side B2B dimana carefour sebagai pembeli(membeli product2 ke supplier) yang sudah menjalin hubungan kerjasama dengan carefour,seperti membeli product dari CV Mulyatama,Unilever Indonesia,PT Indofood,dll.
Type transaksi yang carefour gunakan disini adalah :
Type transaksi yang digunakan carefour adalah strategic (systematic) sourcing karena merupakan pembelian yang melibatkan kontrak jangka panjang yang biasanya didasarkan pada negosiasi pribadi antara penjual (supplier)dan pembeli(carefour) . Seperti,carefour menjalin hubungan kerjasama dalam jangaka panjang dengan Unilever Indonesia sejak 1998 sampai sekarang. Sehingga pada saat product dari Unilever Indonesia yang tersedia di carefour sudah hampir mencapai batas minimum,barang pasti sudah dikirimkan dari DC, sehingga sangat tidak mungkin bahwa barang yang dicari pelanggan tidak tersedia di carefour. Sehingga hasil kolabrasi ini tentunya akan sangat dinikmati oleh carefour dan unilever.
Tipe material yang diperdagangkan carefour adalah:
Carefour menggunakan Inderect materials karena barang2 yang dikirimkan dari para supplier ke carefour merupakan barang jadi yang dapat digunakan untuk mendukung produksi. Barang2 yang dikirimkan dari supplier ke carefour dapat langsung dijual ke customer. Contohnya seperti peralatan kantor,peralatan rumah tangga,bola lampu,dll.
Arah perdagangan yang digunakan carefour adalah:
Disini carefour menggunakan horizontal marketplace karena merupakan pasar yang berhbungan dengan bnyak jenis industri , dan horizontal marketplace ini merupakan pasar yang berkonsentrasi pada layanan, bahan, atau produk yang digunakan di semua jenis industri. Jadi carefour sangat berkonsentrasi pada layanan yang diberikan kepada pelanggan,misalnya dia menerapkan SCM pada sistem nya tujuannya adalah untuk jangan sampai ada product yang tidak tersedia pada saat pelanggan membutuhkannya karena akan menurunkan niat pelanggan untuk berkunjung.Karena itu lah dia menerapkan SCM agar semua pemasok dapat mengirimkan product sesuai pada waktunya. Kemudian juga bahan yang product yang digunakan adalah product2 dari supplier tertentu yang dipilih carefour untuk bekerjasama dengannya.
Procurement method yang digunaka carefour adalah :
Procurement method yang digunaka carefour adalah Web-based ERP karena PT Carrefour Indonesia memiliki sebuah sistem ERP yaitu InfoLog. Dengan InfoLog, semua proses dalam rantai pasokan bisa diintegrasikan. Selain itu, sistem ini memudahkan kolaborasi Carrefour dengan para pemasok,karena rantai pasokan yang dibangun Carrefour ini berdasarkan perhitungan tingkat optimasi dari pabrik atau pemasok sampai ke rak (shelf) gerai. Hal ini membutuhkan analisis dari setiap jenis produk dan supply chain pemasok.

Dengan semakin berkembangnya zaman tentu semakin cepatlah perkembangan teknologi yang ada didunia ini. Ini dikarenakan oleh orang-orang yang semakin lama semakin bertambah ilmu pengetahuannya terutama dibidang teknologi. Karena semakin lama semakin banyak orang yang ahli maka tentunya teknlologi akan semakin berkembang ke arah yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Salah satu contohnya adalah ; misalnya sekarang orang-orang tidak membutuhkan surat lagi untuk menyampaikan/menerima pesan seperti waktu dulu,sekarang mereka bisa menyampaikan/menerima surat dengan email,text messaging,instant messaging,dan bahkan bisa menggunakan jaringan online untuk berkomunikasi dengan mereka yang didunia maya. Ini adalah salah satu bukti perkembangan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu.

 1.Email
Email adalah surat yang dikirim melalui jaringan internet.
Penggunaan email sangat mudah , sangat praktis , dan sangat mudah . Hanya menggunakan koneksi dari internet anda dapat mengirimkan file berupa data , teks , video , mp3 , program , dll ke orang lain dibelahan dunia manapun dalam jangka waktu yang singkat.
Penggunaan Email
1.Masukkan URL web yang diinginkan ke kotak browser yang tersedia
2.Jika belum memiliki account,sign up terlebih dahulu
3.Misalnya masuk ke halaman login email yahoo
4.Klik pada tombol “Create New Account” kemudian isilah data-data yang diminta,dengan mengkllik “ Create My Account” misalnya nama anda,tanggal lahir,jenis kelamin,kota,ID yahoo(isilah email yahoo yang diinginkan),dan password.
5.Setelah itu maka anda akan menemui halaman konfirmasi
6.Kemudian tekan tombol “lanjutkan”  dan email telah berhasil dibuat.
Kemudia apabila ingin meggunakan email tersebut bisa buka www.yahoo.com kemudian masukkan nama account dan password yang sudah dibuat. Apabila ingin mengirimkan email bisa menekan pada menu “Tulis”.
Pada kotak kepada isilah alamat email yang ingin di tuju.
Pada kotak judul isilah judul email yang diinginkan
Pada kotak lampirkan file isilah dengan file yang ingin dikirim misalnya mp3,video,dll
Kemudian mulailah menulis email pada kotak yang telah tersedia dan tekan tombol kirim yang ada pada bagian kiri bawah
Setelah selesai mengirimkan email,log out.
Keuntungan email
1.Dengan menggunakan email dapat mempermudah orang mengirimkan file dalam berbagai jenis , bentuk , dan kapasitas yang cukup besar misalnya berupa data , teks , video , mp3 , program , dll.
2. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju,kini email dapat dengan mudah dikirim/dibaca dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan mobile devices sepanjang masih terkoneksi dengan jaringan internet.
3.Email dapat dikirim ke orang lain yang berada sangat jauh dalam waktu beberapa detik.
4.Lebih hemat karena biaya yang dibutuhkan hanya biaya untuk mengakses internet.
5.Tidak membutuhkan waktu lebih lama seperti mengirim surat biasa melalui pos.
6.Sarana komunikasi global
7.Sebagai tempat konfirmasi apabila kita mendaftra disitus lain,misalnya facebook,twitter.
8.Dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus
Kerugian Email
1.Beresiko tiinggi apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman email bersifat pribadi,karena hal pribadi kita akan diketahui orang lain.
2.Akan sangat terganggu apabila email yang dikirim tidak penting.
3. Kita tidak bisa memastikan email yang sudah kirim bisa langsung dibaca/dibalas karena kita tidak tahu dia dalam keadaan online/offline
4.Kemungkinan terjadi pemalsuan identitas 
5.Hanya bisa dibuka,dikirim/diterima  dikomputer/ponsel yang terkoneksi dengan internet.
6.Setiap saat ingin mengecek apakah ada email baru yang masuk harus log in terlebih dahulu.
7.Harus dalam keadaan online , apabila dalam keadaan offline kita tidak tahu apakah email yang sudah kita kirim sudah dibalas/belum.
8.Username dan password harus diingat
9.Sumber virus


2.Text Messaging
Text Messaging adalah pertukaran pesan teks singkat yang ditulis pada ponsel dan melalui jaringan. Text messaging banyak digunakan oleh masyarakat karena selain praktis juga mudah digunakan. Penggunaannya hanya dengan menggunakan ponsel dan mengetikkan pesan yang ingin kita sampaikan di layar ponsel.
Penggunaan Text Messaging
1.Menyediakan ponsel
2.Mengetikkan pesan yang ingin disampaikan diatas layar ponsel
3.Kirimkanlah pesan itu ke orang yang dituju dengan cara langsung memasukkan nomor handphone atau search di phonebook
Keuntungan Text Messaging
1.Biaya relatif murah
2.Lebih praktis dan mudah digunakan
3.Tidak membutuhkan jaringan internet
Kerugian Text Messaging
1.Pesan yang disampaikan tidak bisa terlalu panjang
2.Pesan yang dikirim belum tentu dibaca,dimengerti dan dibalas oleh si penerima
3.Kemungkinan bisa terjadi kesalahpahaman apabila sipenerima salah mengartikan pesan teks yang disampaikan


3.Instant Messaging
Instant Messaging adalah salah satu alat komunikasi yang muncul seiring berkembangnya teknologi saat ini.
Penggunaan instant messaging ( IM ) harus berhubungan langsung dengan internet yaitu dengan mengirimkan pesan singkat ke orang lain yang juga sama-sama terhubung ke jaringan  internet. Kini IM tidak hanya bisa digunakan di computer saja namun seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, IM juga bisa digunakan melalui telepon seluler dengan mudah asalkan terhubung dengan jaringan internet. Keduanya bisa langsung memulai percakapan secara real time. Pesan-pesan percakapan akan muncul dilayar monitor dalam bentuk jendela kecil.
Penggunaan Instant Messaging
1.Apabila ini merupakan pertama kalinya anda terhubung maka harus melalukan pendaftaran terlebih dahulu untuk memperoleh account,misalnya dengan menggunakan Yahoo Messanger
2.Ketika server sudah melakukan verifikasi maka itu pertanda anda sudah terdaftar sebagai pengguna fasilitas tersebut.
3.Setelah itu,apabila anda belum mempunyai teman chat karena sebagai pemula,anda bisa add teman anda yang juga sama-sama mempunyai account YM sebagai buddy list.
4.Setelah dikonfirmasi kembali maka anda dapat melalukan percakapan(chating) dengan orang yang sedang online dengan cara mengklik nama orang tersebut
5.Apabila ingin mengakhiri percakapan dapat mengklik log out,dan saat itu anda telah offline dan tentunya lawan bicara anda akan mengetahui bahwa anda telah offline(tidak terkoneksi lagi)
Keuntungan Instant Messaging
1.Menyampaikan pesan singkat secara cepat
2.Dapat mengirimkan pesan ke mereka baik mereka dalam keadaan online / offfline
3.Biaya yang dibutuhkan relative murah
4.Dapat mengetahui jika ada chat baru dari orang lain walaupun saat itu anda dalam keadaan chating
Kerugian Instant Messaging
1.Menjadi sasaran virus
2.Akan terjadi kesalahpahaman apabila kata-kata  / bahasa yang dikirim kurang jelas
3.Menyita waktu apabila pesan yang diterima adalah pesan iseng / tidak bermanfaat
4.Apabila pesan teks yang sudah dikirim maka nantinya akan terhapus dari server dan hanya pesan terbaru yang masih bisa dilihat.


4.Phone call
Phone call adalah panggilan yang dilakukan dengan menggunakan ponsel melalui jaringan .
Penggunaan Phone Call
1.Menyediakan ponsel untuk melakukan panggilan
2.Masukkan nomor yang ingin dituju diatas layar ponsel
3.Klik tombol biru(call) ke orang yang dituju tersebut
4.Setelah tersambung dan setelah selesai melakukan panggilan,putuskan jaringan dengan mengklik tombol merah
Keuntungan Phone call
1.Dapat menghubungi orang lain secara cepat
2.Sifaatnya lebih pribadi
3.Lebih mudah digunakan karena dapat di bawa kemana-mana
4.Memudahkan orang melakukan panggilan dalam jarak yang jauh dibanding menggunakan pesawat telepon
5.Lebih mudah dan praktis dibawa kemana-mana
Kerugian Phone call
1.Menimbulkan ketergantungan
2.Radiasi tinggi sehingga  kemungkinan menimbulkan efek yang tidak baik bagi sipengguna
3.Pemakaian pulsa lebih boros
4.Berkomunikasi tanpa bertatap muka langsung


 5. VoIP
VoIP / Voice over Internet Protocol adalah sebuah teknologi yang menggunakan jaringan IP(bersifat global) dan berbentuk paket misalnya suara,video.VoIP menggunakan jaringan untuk membuat sambungan telepon,baik untuk percakapan dua orang maupun audioconference.
Penggunaan VoIP
Cara yang paling sederhana dan yang paling umum pada penggunaan VoIP adalah dengan menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA adalah Analog Telephone Adaptor. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke computer atau di sambungkan ke internet untuk dipakai VoIP . ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital . Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog  dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk ditrasmisikan melalui internet. Mereka tinggal membuka ATA ,memasang kabel telepon ke alat  dan VoIP sudah bisa digunakan.
Keuntungan VoIP
1.Media komunikasi dengan biaya yang relative murah dibandingkan dengan tariff tradisional
2.Dapat menyambungkan PC ke telepon biasa, IP phone handset
3.Bisa digabungkan menjadi jaringan besar.
4.Memungkin anda menelepon jarak jauh dengan biaya relative murah , bahkan gratis.
5.Dapat digunakan tanpa computer karena cukup memakai pesawat telepon standar lalu menekan nomor tertentu yang akan “memaketkan” suara anda
6.Memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.
7.Harga murah dengan teknologi tinggi utnuk panggilan internasional
8.Kualitas suara yang bagus
9.Memiliki banyak fitur, seperti panggilan konferensi dan panggilan tunggu.
Kerugian VoIP
1.Suara tidak sejernih Telkom
2.Ada jeda dalam berkomunikasi
3.Diperlukan janji untuk saling berhubungan apabilabelum terhubung secara 24 jam ke internet
4.Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
5.Perlalatan yang digunakan untuk menghubungkan
6.Apabila pemakaian VoIP semakin banyak maka akan ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik
7.Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran


6. Blog
Blog adalah sebuah web yang berisi tulisan-tulisan,gambar,video, yang berisi opini dari pemilik blog itu sendiri, di update secara berkala dan dapat dikomentari . Blog bisa menjadi apapun sesuai keinginan si pembuat blog mulai dari hal pribadi yang bersifat mendalam ,argumentasi,dll dan bisa menyajikan kehidupan seperti apa adanya dengan kata-kata , foto,suara,video,dll
Penggunaan Blog
1.Kunjungi  www.blogger.cm
2.Kemudian klik “create an account” dan masukkanlah user name dan password anda,dan nama dan password yang sudah dibuat harus selalu diingat
3.Kemudian ceklist “Term of service agreement”. Dan klik continue
4.Berikan nama pada blog anda
5.Pilihlah warna dan bentuk dari bolg anda sesuai dengan keinginan anda, klik OK dan continue
6.Dan blogger akan menciptakan blog anda.
7.Jika anda ingin menggunakannya anda cukup membuka www.blogger.com kemudian masukkan nama dan password
8.Klik masuk dan anda akan dibawa ke dasbor blog
9.Tekan buat blog dan kemudian beri judul blog anda , alamat blog (url) dan verifikasi data
10.Apabila ingin membuat postingan tekanlah entri baru,berikan judul dan isilah apa yang ingin anda postkan
11.Setelah selesai klik terbitkan dan apabila anda ingin melihat blog yang sudah dipostkan klik lihat blog
Keuntungan Blog
1.Sebagai media informasi
2.Penggunaan bahasa tidak terlalu baku
3.Dapat secara mudah menuangkan apa yang ingin kita bagikan dalam bentuk tulisan,gambar,video dan kemungkinan bisa direspon oleh orang lain sebagai masukan
4.Dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis karena terhubung dengan jaringan internet dan dapat diakses oleh setiap orang dibelahan dunia manapun
5.Dapat menjadikan blog yang telah diupdate sebagai catatan kehidupan anda
6.Bisa mendapatkan masukan dari orang yang memberi anda komentar
7.Karena blog adalah kepunyaan dari google maka blog yang dipostkan akan sangat mudah  mendapatkan posisi search engine dan mendapatkan banyak pengunjung
Kerugian Blog
1.Tulisan yang ada diblog itu belum tentu benar adanya (karena hanya merupakan sudut pandang dari si penulis)
2.Kurang bisa dipertanggungjawabkan.

7. Wikis

Wikis adalah sebuah situs yang menyediakan informasi-informasi atau sumber referensi yang pada umumnya ber bentuk tulisan dan gambar. Wiki dapat dimanfaatkan untuk menemukan informasi-informasi yang ingin dicari berdasarkan definisi dari tokoh-tokoh tertentu. Wikipedia adalah salah satu situs terpopuler di dunia. Wikipedia selalu menjadi titik awal dalam meneliti topik apapun  dan tempat satu-satunya yang Anda kunjungi untuk mencari beberapa fakta singkat.
Penggunaan Wikis
1.Kunjungi www.google.com
2.Search data yang ingin dicari
3.Biasanya diawal akan muncul data yang diberikan oleh wiki
4.Setelah itu data dari wiki bisa digunakan
Keuntungan Wikis
1.Memberikan informasi yang diinginkan secara global
2.Dapat diakses oleh pengguna search engine dimana saja dan kapan saja
3.Dapat memuat gambar agar lebih jelas
Kerugian Wikis
1.Informasi yang disampaikan tidak begitu akurat karena bisa di ubah secara tidak bertanggungjawab oleh pengguna internet
2.Terkadang informasi yang diberikan juga tidak terlalu lengkap
3.Data bisa di edit oleh siapa saja


8.Online Social Network
Online social network adalah sejenis perangkat lunak berbasis web yang menghubungkan pengguna internet saling berhubungan /berkomunikasi dalam dunia  maya. Dengan menggunakan media ini,pengguna bisa saling berbagi informasi misalnya dalam bentuk tulisan,gambar,video,dll. Disana juga bisa membuat profile,info tentang diri , foto , dan menerima serta mengundang teman untuk bergabung kepada anda.Misalnya facebook,friendster,twitter,dll.
Penggunaan Online Social Network
Kebanyakan pada online social network seperti misalnya facebook,twitter atau yang lainnya,penggunaan nya adalah dengan:
1.Masukkan URL web yang diinginkan
2.Kemudian apabila itu merupakan pertama kalinya anda masuk kesana maka harus sign up terlebih dahulu
3.Kemudian isilah data-data sesuai dengan yang diminta,nama account dan password ( jangan lupa dengan nama account dan password yang telah dibuat karena nantinya apabila ingin log in lagi harus menggunakan nama account dan password yang sama seperti awal )
4.Setelah dikonfirmasi maka anda bisa menggunakannya
5.Klik log in dan masukkan nama account dan password
6.Setelah selesai menggunakannya dapat diakhiri dengan  log out.
Keuntungan Online Social Network
1.Dapat menerima / memberi  informasi dengan cepat.
2.Dapat berteman dengan orang dibelahan dunia manapun dalam dunia maya.
3.Biaya lebih murah karena hanya membutuhkan biaya akses internet.
4.Lebih praktis dan mudah digunakan.
Kerugian Online Social Network
1.Menyebabkan menurunnya interaksi face to face karena orang cenderung menganggap ini merupakan cara yang sangat praktis untuk melakukan komunikasi.
2.Dapat menimbulkan kecanduan(dampak negatif) terutama pada anak remaja
3.Kemungkinan bisa terjadi penipuan
4.Kemungkinan bisa terjadi pemalsuan identitas


9.Content Sharing
Content sharing adalah salah satu cara yang digunakan untuk berbagi misalnya dalam bentuk file yang bisa digunakan secara gratis baik dalam forum,website,dll. Misalnya 4shared.
Keuntungan Content Sharing
1.Berbagi file secara gratis
2.Sumber informasi
3.Wadah untuk mencari koneksi didunia maya
Kerugian Content Sharing
1.Bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab misalnya membajak lagu,video,dll
2.Sarana virus
3.Penyediaan informasi tidak terlalu lengkap
 

Apa itu Telecommuting ?

 Telecommuting adalah model pekerjaan jarak jauh yang dilakukan ditempat yang dimana si pekerja merasa nyaman dan dapat bekerja dengan baik , misalnya dapat bekerja dirumah atau dikafe,dll. Jadi dengan kata lain,si pekerja tidak perlu lagi pergi ke kantor untuk bekerja,mereka cukup bekerja sesuai yang diminta oleh perusahaan ditempatt dimana mereka inginkan.Jadi,orang yang diberi kepercayaan untuk menyelesaikan tugas nya diluar kantor itulah yang disebut dengan telecommuting. Ini karena adanya kepercayaan yang begitu besar dari perusahaan untuk sipekerja. Namun terkadang si pekerja juga harus tetap datang ke kantor,apakah itu untuk mengajarkan teman2nya atau mengumpulkan beberapa file,atau yang lainnya. Mereka dapat bekrja  dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan internet, misalnya melalui email, instant message hingga video conference. Akan sangat efisien dan bermanfaat bagi perusahaan manakala karyawannya diperbolehkan bekerja dengan jarak jauh. Hal ini membuat perusahaan bisa menekan pengeluaran dan mendapat pemasukan.

Apa saja keuntungan bagi perusahaan ?

1.Telecommuting bisa memperluas dan mengembangkan bakat karyawan, karena terkadang ada sebagian karyawan yang akan mendapatkan banyak inspirasi-inspirasi baru atau ide-ide baru ditempat yang mereka senangi. Jadi otomatis itu akan dapat mengembangkan bakat karyawan tersebut untuk dapat menegrjakan tugasnya dengan lebih baik lagi

2.Mengurangi atau menghambat penyebaran penyakit, ini juga salah satu keuntungan bagi perusahaan ,karena apabila karyawan di percaya untuk bekerja di luar kantor,merek dapat denga mudah mengatur waktu,karena mereka bekerja dirumah misalnya mereka dapat membagi waktu kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat,jadi kemungkinan terinfeksi penyakit sangat kecil

3.Mereduksi biaya

4.Meningkatkan produktivitas

5.Mengurangi jejak keluaran karbon dan penggunaan energy. Studi terbaru yang dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 2008, menemukan bahwa sekitar 98% emisi karbon yang dihasilkan oleh karyawan bahkan berasal sejak sebelum mereka tiba di kantor. Tentu yang dimaksud adalah emisi karbon dari penggunaan kendaraan selama di perjalanan. Selain emisi karbon dari kendaraan, penggunaan fasilitas kantor lainnya juga mengkonsumsi energi, antara lain lampu, komputer, Air Conditioner, dan lainnya.

6.Mengurangi pergantian dan absensi,

7.Memperbaiki moral karyawan,

8. Menawarkan kesinambungan operasionalisasi strategi,

9. Meningkatkan kemampuan karyawan untuk menangani pekerjaan melewati batas waktu,

10.Menguatkan kemampuan adaptasi budaya karyawan.

Jadi menurut saya sebenarnya telecommuting itu sangat bermanfaat baik bagi perusahaan,karyawan itu sendiri atau bagi lingkungan. Namun menurut info yang say abaca bahwa telecommunting masih sangat jarang digunakan khususnya di Indonesia , mungkin itu disebabkan oleh perusahaan tidak siap untuk kehilangan kontrol terhadap anak buahnya. mereka belum siap mengelola karyawan dengan sistem telecommuting. Padahal, jika dimanfaatkan dapat menghemat energi dalam jumlah besar, dan lebih lagi, ramah terhadap lingkungan. Selain itu juga sangat bayak manfaat yang ddapatkan oleh karyawan misalnya mereka juga bisa menghemat, terutama dalam hal konsumsi energi, biaya parkir, dan utamanya menghemat waktu, apalagi jika diterapkan di Jakarta yang punya tingkat kemacetan luar biasa dan sungguh membunuh produktivitas. Jika bekerja di rumah, bukan tidak mungkin karyawan bisa menjadi lebih produktif.

Semoga membantu :)