Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Hakk�mda

Foto Saya
Nini Chen
hi there ! i'm nini. i very love my mom, and very love my daddy ~ i LOVE my family ^^ i have one bro and one sist , i like sleep and eat something delicious :D find me at : facebook : Nini Chen Twitter : @ninichenn
Lihat profil lengkapku

Minggu, 16 Juni 2013



Sekarang saya mau share sediki tugas programming 2 yang diberikan dosen saya,aplikasi ini bener2 sangat simple,tapi mana tau ada yang membutuhkan ^^

Teori dasar yang terkait


Sebelum membuat aplikasi,terlebih dahulu ada baiknya mengerti apa yang dimaksud dengan windows form. Windows form adalah platform baru untuk pembuatan aplikasi Microsoft Windows berbasis .NET Framework. Framework ini menyediakan sekelompok class berorientasi object,dan dapat digunakan untuk membangun aplikasi Windows yang lengkap.

Windows terkait pada user interface yang user lihat dan gunakan dalam melakukan interaksi dengan aplikasi. Sedangkan form lebih dikaitkan pada tampilan design saat pembuatan aplikasi,dimana kita dapat melihat,mengatur property,tampilan maupun menambahkan control.

Form adalah objek yang memiliki properti2 yang mendefinisikan tampilan,method yang mendefinisikan behavior dan event yang mendefinisikan interaksi dengan pengguna.Dengan mengatur property form,kita dapat mengcostumize objek untuk memenuhi kebutuhan aplikasi.

Form adalah instance dari class. Form yang dibuat dengan windows form designer adalah sebuah class,dan saat kita menampilkan sebuah instance dari form pada run time,class adalah template yang digunakan untuk membuat form.

Dalam project Windows forms,form adalah alat utama untuk interaksi user. Dengan mengkombinasikan set control dan koding,kita dapat memperoleh informasi dari pengguna dan memberikan respon,bekerja dengan data yang sudah tersimpan ,melakukan query dan menuliskan kembali ke system file dan register pada computer pengguna. Meskipun form dapat dibuat secara manual kseluruhan di code editor,namun lebih mudah menggunakan windows form designer untuk membuat dan memodifikasi form.

Untuk membuat aplikasi berbasis windows forms dapat dilakukan dengan cara berikut:

1.       pilih menu File

2.       New

3.       Project
 

Setelah tampil dialog New Project, pilih Visual Basic untuk Project Types, karena kita sedang membuat aplikasi menggunakan Visual Basic .NET. Pada Templates pilih Windows Forms Application. Setelah itu tentukan nama proyek yang akan kita buat dengan mengisi kotak Name (sesuaikan nama proyek sesuai proyek/aplikasi yang akan dibuat). Dan tentukan lokasi untuk menyimpan proyek .Jika semua sudah dipilih dan diisi sesuai proyek/aplikasi yang akan dibuat, selanjutnya klik tombol Ok di bagian bawah,seperti pada gambar dibawah ini:

Kemudian  akan tampil form kosong seperti pada gambar dibawah ini :

Disini dapat dibuat aplikasi sesuai dengan keinginan dengan menggunakan toolbox yang sudah disediakan.

Pada toolbox terdapat Kontrol dari lingkungan pengembangan, dan digunakan untuk membuat obyek pada form dengan cara sederhana, yaitu dengan drag and drop.Kontrol dari Windows Forms secara khusus dirancang untuk membangun aplikasi Microsoft Windows, dan kita akan menemukan mereka diorganisasikan pada tab All Windows Forms dari Toolbox. Jendela Toolbox menampilkan alat yang dapat digunakan pada dokumen yang sedang aktif. Alat-alat tersebut akan tersedia bila kita mengedit Windows Form.


Kemudian ada juga yang disebut sebagai Properties,dimana disini kita dapat mengubah karakteristik, atau pengaturan properti, dari elemen user interface yang ada pada form (temasuk komponen didalamnya seperti Button, TextBox, Label,GroupBox,CheckBoxes dan lainnya). Pengaturan properti merupakan salah satu yang menentukan kualitas dari aplikasi yang kita buat. Kita dapat mengubah pengaturan properti dari jendela Properties saat kita sedang menciptakan user interface (pada saat design), atau dapat juga dengan menambahkan koding melalui kode editor untuk mengubah satu atau lebih pengaturan properti saat program berjalan (pada saat runtime).

Berikut contoh tampilan untuk Properties:

 
 
Setelah kita selesai membuat rancangan form dan komponen didalamnya,selanjutnya yang akan dilakukan adalah koding dengan mengklik button dua kali,maka akan masuk ke program code nya.Setelah selesai koding,untuk melihat hasilnya dapat menekan tombol F5 pada keyboard,maka aplikasi akan jalan.

Disini juga terdapat Event Handling yang merupakan suatu metode untuk menangani sebuah event/aksi yang diberikan pengguna kepada suatu komponen GUI. Event adalah suatu peristiwa yang dipicu oleh pengguna pada suatu komponen, misalnya tombol ditekan.Jadi event adalah ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Event handler adalah sebuah metode yang melakukan suatu tugas dalam menanggapi suatu peristiwa. Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa Event handling adalah proses keseluruhan untuk merespon event

Penjelasan Program 
Program yang dibuat merupakan suatu program sederhana dengan kebutuhan untuk menginput Nama dan Nim mahasiswa di Binus University. Program ini dibuat dengan menggunakan Visual Studio 2012(Microsof Visual C# 20120 Express),dengan pilihan WindowsFormApplication , agar program yang ditampilkan kelihatan menarik. Program ini dibuat dengan menggunakan 2 buah Label (Nama dan Nim), 2 buah TextBox(Nama dan Nim) yang dapat diinput sesuai keinginan user,dan 2 buah Button(Simpan Data dan Data Baru) dengan beberapa control.


Berikut ditampilkan code nya :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace Erlini_15011xxxxx
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
                String angka = TBNim.Text;
                int angka1;
                Boolean valid;
                try
                {
                    angka1 = int.Parse(angka);
                    valid = true;
                }
                catch (Exception)
                {
                    valid = false;
                }
           
                if (TBNama.Text == "")
                {
                    MessageBox.Show("Maaf,nama harus diisi !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
                }
                else if (TBNim.Text == "")
                {
                    MessageBox.Show("Maaf,nim harus diisi !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
                }
                else if (TBNim.Text.Length < 10)
                {
                    MessageBox.Show("Maaf,NIM anda tidak lengkap !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
                }
                else if (TBNim.Text.Length > 10)
                {
                    MessageBox.Show("Maaf,NIM tidak boleh lebih dari 10 angka !", "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error);
                }
                else if(valid==false)
                {
                    MessageBox.Show("Maaf,NIM harus berupa angka !","Error",MessageBoxButtons.OK,MessageBoxIcon.Error);
                }
                else
                {
                    MessageBox.Show("Nama: " + TBNama.Text + "\nNim   : " + TBNim.Text, "Simpan data", MessageBoxButtons.OK);
                    TBNama.BackColor = Color.Gray;
                    TBNim.BackColor = Color.Gray;
                    MessageBox.Show("Terimakasih,data telah di simpan", "Confirm", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information);
                }
                  }
        private void ButtonDB_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            TBNama.Text = "";
            TBNama.BackColor = Color.White;
            TBNim.Text="";
            TBNim.BackColor = Color.White;
        }
        private void TBNama_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
        {
            char keychar = e.KeyChar;
            if(keychar==13)
            {
                TBNim.Focus();
            }
        }
        private void TBNim_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
        {
            char keychar = e.KeyChar;
            if(keychar==13)
            {
                ButtonSD.Focus();
            }
        }
    }
}
 
Jadi,inti dari aplikasi sederhana ini adalah user akan diminta untuk mengisi nama dan nim,dimana sudah ada validasi nya . Jika apa yang diminta aplikasi tidak sesuai dengan yang diinput maka akan dimunculkan mbox.

Flowchart nya sebagai berikut:

1. Program dimulai dengan “Start”

2. Decision disini menjelaskan :

-          Apabila user menekan button Simpan Data tanpa mengisi Nama pada TextBox , maka akan muncul MessageBox “Nama harus diisi”

-          Apabila user tidak menekan button Simpan Data,maka akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu menginput Nama

3. Setelah menginput Nama,maka akan ada decision yang menjelaskan:

-          Apabila user menekan button Simpan Data tanpa mengisi Nim pada TextBox ,maka akan muncul MessageBox “Nim harus diisi”

-          Apabila user tidak menekan button Simpan Data,maka akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu menginput Nim

4. Setelah menginput Nama dan Nim maka user akan menekan button Simpan Data

5. Kemudian akan muncul MessageBox Simpan Data yang berisi Nama dan Nim sesuai inputan user

6. Kemudian user akan menekan button OK pada MessageBox Simpan data dan akan ditampilkan kembali Form OFC01_GUI dengan background pada TextBox nama dan nim yang sudah berubah menjadi warna abu-abu(menunjukkan bahwa data telah disimpan)

Setelah itu terdapat decision :

-          Apabila user kembali menekan button Simpan data maka akan ditampilkan kembali MessageBox Simpan Data dan dilanjutkan proses selanjutnya

-          Namun apabila user menekan button Data Baru maka akan dibuka Form OFC01_GUI yang baru,yang mana data sudah dibersihkan dari TextBox dn user dapat kembali menginput Nama dan Nim sesuai keinginan. Dan proses kembali dilanjutkan seperti yang dijelaskan diatas.
 
Kesimpulan yang saya dapatkan dari tugas ini adalah pemahaman tentang GUI dengan menggunakan c#. Dimana terdapat sangat tool yang bisa digunakan dalam membuat sebuah program. Pada program ini tool yang digunakan adalah Label,TextBox,dan Button. Sebenarnya masih sangat banyak tool yang bisa digunakan seperti radioButton(untuk male/female),comboBox,checkbox,dll,tergantung kebutuhan. Dan pada program ini event yang digunakan adalah “KeyPress”,dimana pada saat user menekan enter maka dari textbox Nama akan berpindah ke textbox Nim. Selain itu,event lain yang digunakan adalah button Click,dimana pada saat user mengklik button “Simpan Data” atau “Data baru” akan ada event yang terjadi,misalnya pada saat mengklik button “Simpan Data” akan muncul MesageBox konfirmasi.



0 komentar :

Posting Komentar